Ratusan Calon Jemaah Haji asal Sukoharjo Disuntik Vaksin COVID-19

Calon jemaah haji di Solo mulai disuntik vaksin COVID-19
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Ratusan calon jemaah haji asal Kabupaten Sukoharjo menjalani vaksinasi COVID-19 di RS Orthopedi Prof Dr Soeharso, Rabu, 24 Maret 2021. Vaksinasi bagi calon jemaah haji itu merupakan yang pertama kalinya digelar di Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan vaksinasi bagi calon jemaah haji itu dipusatkan di Gedung Joglo RS Orthopedi Prof Dr Soeharso, Sukoharjo. Vaksinasi tersebut digelar selama dua hari untuk para para calon jemaah haji lansia.

Ketua Satgas COVID-19 RS Orthopedi Prof Dr Soeharso, Ni Luh Tantri Fitriyanti mengatakan vaksinasi kepada calon jemaah haji lansia asal Sukoharjo dilakukan sebagai syarat untuk keberangkatan haji.

Kegiatan vaksinasi tersebut digelar selama dua hari mulai kemarin hingga hari ini, Rabu, 24 Maret 2021.

"Kita berusaha mungkin untuk fasilitasi vaksin bagi calon jemaah haji asal Sukoharjo," kata dia saat ditemu di RS Orthopedi Prof Dr Soeharso, Rabu, 24 Maret 2021.

Menurut Ni Luh, jumlah calon jemaah haji lansia yang mengikuti vaksin sekitar 300-an orang. Sebelum divaksin, petugas akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada para calon jemaah haji.

"Dari data Dinas Kesehatan Sukoharjo itu ditargetkan 145 calon jemaah haji pada hari pertama tetapi yang datang 150 orang. Terus hari ini ditargetkan 183 calon jemaah haji yang divaksin," sebutnya.

Kegiatan vaksinasi kepada calon jemaah haji asal Sukoharjo itu, dikatakan dia, merupakan yang pertama kalinya digelar di Jawa Tengah. "Kita yang pertama kali. Jemaah haji yang pertama kali divaksin di Jawa Tengah yang dari Sukoharjo dan bekerjasama dengan RS Orthopedi," sebutnya.

Ni Luh mengungkapkan kegiatan vaksinasi tersebut merupakan bagian dari eradikasi COVID-19. Selain itu, pemberian vaksin itu juga untuk syarat pendaftaran bagi calon jemaah haji agar bisa berangkat menuju Tanah Suci. 

"Saat kita tidak berikan vaksin maka, calon jemaah haji tidak bisa didaftar lanjut. Jadi kita usahakan semua untuk divaksin tapi ada beberapa yang datang dengan tensi tinggi. Kita usahakan diberi obat lalu istirahat, setelah itu dievaluasi untuk diberikan vaksin," ujarnya.

Sementara itu, salah satu calon jemaah haji asal Sukoharjo Suwarto  menyambut baik adanya vaksin bagi calon jemaah haji. Apalagi, Ia dan calon jemaah haji lainnya yang mengikuti vaksinasi itu sempat tertunda berangkat ke Tanah Suci pada tahun lalu karena pandemi.

"Insya Allah 2021 ini berangkat haji karena kemarin sempat tertunda. Semoga dengan vaksin ini harapannya supaya sehat dan lebih mantap untuk persiapan haji nanti," ucapnya