KPK Datangi Rumah Mantan Bupati Gresik

Rumah mantan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto yang didatangi KPK.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Rumah mantan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di Perumahan Mulia Residence Kota Surabaya, Jawa Timur, didatangi anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis, 8 April 2021. Belum diketahui secara pasti kasus apa yang tengah ditangani KPK hingga mendatangi rumah tersebut. 

Penjaga rumah Sambari bernama Angga membenarkan bahwa petugas KPK sempat mendatangi rumah itu sekira pukul 10.00 WIB. "Ada dua orang mengenalkan diri sebagai petugas KPK. Pakai baju batik biasa. Belum tahu terkait apa," katanya kepada wartawan. 

Petugas itu menemui Sambari yang tengah berada di dalam rumah. Sekitar satu jam mereka bercakap-cakap. Angga mengaku tidak tahu apa yang dibicarakan petugas KPK dengan majikannya itu. Sang tuan rumah tengah dalam masa pemulihan setelah terpapar COVID-19. 

Sebelumnya, informasi diperoleh wartawan dari KPK menyebutkan bahwa Komisi Antirasuah tengah melakukan penyelidikan perkara korupsi di salah satu daerah di Jawa Timur. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan. 

Namun, KPK masih belum bersedia memberikan keterangan rinci karena kasus itu masih dalam tahap penyelidikan. Informasi diperoleh VIVA, dua pekan lalu tim penyelidik KPK meminta keterangan salah satu pejabat BUMD Pemkab Gresik di kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. 

Namun, pihak Kejati saat itu membantah kabar tersebut. "Tidak ada (pemeriksaan pejabat oleh KPK di kantor Kejati Jatim) Mas," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jatim Fathurrahman dikonfirmasi VIVA saat itu.