Heboh Jokowi Promosikan Bipang, Jubir: Bukan Babi Panggang

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memesan makanan khas daerah untuk melepas rindu mudik Lebaran 2021 menuai heboh di media sosial. Ini disebabkan pernyataan kepala negara yang mengaitkan Bipang dalam hari raya Idul Fitri tersebut.

Video pernyataan presiden tersebut bisa dilihat di akun instagram @bipangambawang. Akun ini membagikan ulang video yang ada di dalam tautan YouTube milik Kementerian Perdagangan dengan judul 05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia.

"Sebuah kebanggaan kami dapat disebut oleh bapak Presiden @jokowi dalam pidato tadi malam di Kompas TV. Link video lengkap: https://youtu.be/J0hyEY3EtQA," tulis akun tersebut sebagaimana dikutip Sabtu, 8 Mei 2021.

Di dalam video tersebut, Jokowi mempromosikan sejumlah makanan khas daerah yang biasanya dijadikan oleh-oleh masyarakat saat melakukan mudik lebaran. Namun, karena ada kebijakan pembatasan mudik, makanan-makan ini menurutnya bisa dipesan secara online.

"Yang rindu makan Gudeg Jogja, Bandeng Semarang, Siomay Bandung, Empek-empek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya, tinggal pesan dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," tutur Jokowi dalam video tersebut.

Mengutip profil @bipangambawang, Bipang sendiri merupakan singkatan dari Babi Panggang. Kata-kata ini pun menjadi trending topic di twitter. Hingga pukul 12.23 WIB, Bipang sudah di tweet sebanyak 16,3 ribu naik drastis dari pertama dilihat pukul 09.30 sebanyak 9.528 tweets.

Menyikapi hal ini, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Komunikasi sekaligus Juru bicara Presiden Joko Widodo Mochammad Fadjroel Rachman memberikan penjelasan melalui akun instagram miliknya @fadjroelrachman.

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini hit sampai sekarang. Terimakasih ~ #BungFADJROEL #Bipang," tulis dia.

Dalam unggahannya tersebut, Fadjroel menyisipkan gambar bipang. Menurutnya bipang yang dimaksud Presiden Jokowi bukanlah babi panggang, melainkan Bipang Jangkar khas Pasuruan. Padahal Jokowi mengatakan Bipang Ambawang khas Kalimantan.

Mengutip bipangjangkar.com, bipang sendiri didefinisikan sebagai kue beras kembung yang telah ada sejak 1949. Cemilan ini diketahui terbuat dari beras, gula, glukosa, aroma makanan, garam, minyak sayur. 

Baca juga: 2 Jempol Jokowi untuk Risma Gara-gara Sampah Jadi Listrik