PAN Serukan RI Embargo Produk dan Jasa Israel

Refleksi Akhir Tahun DPP PAN, Eddy Soeparno
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Partai Amanat Nasional menyerukan kepada pemerintah Indonesia agar bersikap tegas atas kekerasan dan agresi militer Israel terhadap Yerusalem dan Jalur Gaza yang menewaskan banyak warga Palestina, termasuk anak-anak dan perempuan.

PAN mengusulkan sikap tegas pemerintah mesti diikuti dengan aksi yang lebih konkret. Beberapa hal di antaranya, mengirimkan bantuan kemanusiaan maupun kebijakan embargo barang-barang dari Israel.

"Sikap tegas pemerintah Indonesia perlu direalisasikan lebih lanjut dalam bentuk aksi, baik berupa bantuan fisik untuk warga Palestina, maupun dalam bentuk embargo terhadap barang dan jasa dari Israel atau para pendukung agresi tentara Israel di Al Aqsa," kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Minggu, 16 Mei 2021.

Walaupun sejumlah negara adidaya sudah menyatakan dukungan terhadap Israel, Eddy menegaskan bahwa tragedi kemanusiaan di Al Aqsa bukan menyangkut 'kepentingan' atau 'keberpihakan'. Yang terpenting adalah agar warga Palestina dapat hidup bebas di tanahnya mereka.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu menambahkan, semua prinsip yang menjadi tumpuan dasar berdirinya NKRI, seperti kemanusiaan, kedaulatan, keadilan, menghapus penjajahan dari muka bumi, dilanggar secara masif dan terang-terangan oleh Israel, dan karenanya, tidak dapat dibiarkan.

"Karena itu mari kita yang ada di Indonesia ikut membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina, minimal melalui doa yang dipanjatkan setiap saat. Semoga Allah senantiasa memberikan pertolongan dan perlindungan-Nya kepada saudara dan anak-anak kita di Palestina," ujarnya.