Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Habib Rizieq dan 5 Eks Petinggi FPI Dilarang Aktif di Ormas

Selasa, 18 Mei 2021 | 00:44 WIB
Foto :
  • VIVA/Wilibrodus
Sidang pembacaan tuntutan terhadap eks pengurus FPI kasus kerumunan Petamburan

VIVA – Habib Rizeq Shihab dan sejumlah mantan pengurus Front Pembela Islam (FPI) dilarang oleh jaksa penuntut umum (JPU) untuk terlibat dalam organisasi kemasyarakatan (ormas) manapun. Selain larangan terlibat, para terdakwa dalam perkara kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat itu juga dilarang menggunakan atribut atau simbol-simbol yang berkaitan dengan FPI.

Larangan itu disampaikan JPU menyusul pembacaan tuntutan terhadap Habib Rizieq bersama kelima terdakwa lainnya, yaitu Haris Ubaidillah, Ahmad Sobri Lubis, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Baca Juga

Dalam tuntutannya, jaksa menuntut Habib Rizieq dihukum selama dua tahun penjara atas perkara kerumunan di Petamburan dan kelima terdakwa lainnya dituntut hukuman penjara selama satu tahun enam bulan dalam perkara yang sama.

"Menjatuhkan pidana tambahan terhadap terdakwa Muhammad Rizieq bin Husein Shihab berupa pencabutan hak terdakwa memegang jabatan pada umumnya atau jabatan tertentu, yaitu menjadi anggota dan atau pengurus organisasi kemasyarakatan selama tiga tahun," kata JPU dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin 17 Mei 2021 malam.

Selain Habib Rizieq, jaksa juga meminta majelis hakim menjatuhkan pidana tambahan terhadap Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Alhabsy, dan Maman Suryadi berupa pencabutan hak memegang jabatan pada umumnya atau jabatan tertentu.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler