TWK KPK Dilaporkan ke Komnas Perempuan karena Pertanyaan Seksis

Viral SK Terkait Penonaktifan 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK
Sumber :
  • VIVA/ Edwin Firdaus

VIVA – Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaporkan assessment tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dinilai bermuatan seksisme ke Komnas Perempuan.

Diduga dalam pertanyaan-pertanyaan TWK yang ditujukan kepada pegawai perempuan KPK terindikasi adanya unsur pelecehan seksual.

Kepala Satuan Tugas Pembelajaran Internal KPK Hotman Tambunan mengatakan, assessment TWK yang terindikasi adanya pelecehan seksual tengah ditangani Komnas Perempuan. Hotman adalah pegawai KPK yang turut dinonaktifkan akibat tak lulus TWK.

"Terkait wawancara yang berbasis indikasi pelecehan seksual, bias gender, sekarang lagi dalam investigasi dari Komnas Perempuan," kata Hotman di gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Mei 2021.

Hotman menjelaskan, pihaknya tengah menunggu hasil invetigasi Komnas Perempuan terkait dugaan pertanyaan seksisme tersebut. Nantinya hasil dari investigasi Komnas Perempuan akan diberikan kepada Dewan Pengawas KPK untuk ditindaklanjuti.

"Kami tunggu bagaimana nanti hasil investigasi dari Komnas, dan mungkin nanti hasil investigasi Komnas bisa digunakan oleh Dewas untuk memperkuat pemeriksaannya," ujarnya.