Alat Tempur Irjen Dedi Hadapi Karhutla dan COVID-19 di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo meluncurkan ambulans siaga
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Dedi Prasetyo meluncurkan mobil Ambulans Siaga Karhutla dan Gadjah Mada Elektronik Nose (Genose) COVID-19 mobile yang cepat dan sigap.

"Ini merupakan sarana penanganan pertama bagi petugas siaga karhutla dan masyarakat yang melakukan penanganan tempat kejadian perkara (TKP) karhutla yang memerlukan bantuan secara medis," kata Kapolda didampingi Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi di Palangka Raya, Selasa.

Menurut dia, kendaraan ambulans siaga karhutla itu dilengkapi peralatan Genose COVID-19 yang dapat mendeteksi virus corona melalui hembusan nafas.

Peralatan medis dan petugas kesehatan dari Biddokkes Polda Kalteng juga sudah siap siaga membantu untuk menanggulangi persoalan pandemi yang saat ini meluas di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila.

"Kami berharap apa yang telah dilakukan ini bisa bermanfaat bagi daerah dan masyarakat kita di tengah pandemi dan ancaman bencana karhutla yang kapan saja bisa terjadi di sejumlah daerah," katanya.

Jenderal bintang dua tersebut berharap dengan adanya inovasi seperti ini dapat mempermudah personel di lapangan dalam bertugas, kemudian dapat membantu masyarakat yang melakukan pemadaman karhutla di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu.

Apalagi personel Polda Kalteng juga gencar melaksanakan latihan penanganan karhutla dan fokus melakukan penyekatan di setiap perbatasan agar angka penyebaran COVID-19 tidak meledak.

"Apa yang kami lakukan ini tentunya berkat dukungan masyarakat sehingga Polda Kalteng bisa memberikan pelayanan maksimal di tengah pandemi COVID-19," kata Dedi.

Di sela-sela peluncuran kendaraan ambulans dan Genos-COVID-19 di Mapolda Kalteng, Dedi juga mengucapkan terima kasih kepada PT Samator Gas Industri Kalteng yang telah memberikan bantuan tabung oksigen medis yang dilengkapi dengan troli dan regulatornya. (Ant)

Baca juga: Palsukan Surat Rapid Tes Antigen, 2 Nakes di Kalteng Ditangkap