Ulama Makassar: Boikot Produk Berbau Israel

Forum Ummat Islam Bersatu Sulawesi Selatan akan gelar aksi bela Palestina.
Sumber :
  • VIVA/Irfan (Makassar)

VIVA – KH M Said Abd Shamad, Lc., seorang ulama di Kota Makassar mengimbau kepada umat Islam agar memboikot seluruh produk yang berbau Israel. Langkah ini dinilai sebagai bentuk kecaman dan protes keras atas aksi Israel terhadap Palestina.

"Kita perlu memboikot produk-produk berbau Israel sebagai bentuk protes keras kita atas kezaliman yang mereka lakukan terhadap saudara kita di Palestina," kata Kiai Said saat menyampaikan keterangan kepada media di Makassar, Kamis, 20 Mei 2021.

Kiai Said bersama dengan para aktivis dakwah di Forum Ummat Islam Bersatu (FUIB) Sulawesi Selatan akan turun menggelar Aksi Bela Palestina yang berpusat di depan Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Jumat besok.

Sekretaris FUIB Sulsel, Andi Hidayatullah Lukman mengatakan peserta aksi akan menggelar long march usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Jusuf.

"Selama aksi berjalan, kami mengimbau kepada seluruh peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker dan menjaga jarak," tuturnya.

Adapun Ketua Umum FUIB Sulsel, Muchtar Daeng Lau, menegaskan alasannya sehingga wajib mendukung bangsa Palestina.

"Karena prinsip negara kita Republik Indonesia, sangat jelas dan tegas. Di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan: bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri keadilan," jelasnya.

Menurutnya, dari dulu posisi negara Indonesia mendukung bangsa Palestina untuk memperoleh hak-haknya, termasuk memperoleh kemerdekaan bagi rakyat Palestina dan segera lepas dari belenggu penjajah Zionis Yahudi Israel.

Kemudian, atas nama kemanusiaan, kebiadaban dan kezaliman yang terus menerus dilakukan penjajah Zionis Yahudi Israel hingga saat ini ke Palestina sudah di luar nalar. Mereka mengebom dari udara permukiman warga sipil yang tidak terdosa.

“Di darat pun demikian, hampir setiap hari kita disuguhi video-video penembakan dan penganiayaan warga Palestina. Zionis Yahudi Israel sama sekali sudah tidak berperikemanusiaan,” kata dia.

Ia melanjutkan, Israel sepertinya tidak akan mengindahkan segala bentuk kecaman dan imbauan dari dunia internasional.

"Atas dasar inilah, kami dari Forum Ummat Islam Bersatu (FUIB) Sulawesi Selatan yang merupakan wadah berkumpulnya para ormas Islam di provinsi ini, menyatakan mengecam dan mengutuk segala tindakan penjajahan yang dilakukan Zionis Yahudi Israel kepada rakyat Palestina," tegas Ustaz Muchtar, sapaan akrabnya.