Panggil 110, Polisi Akan Datang dalam 10 Menit

Kepala Polda Kalimantan Timur Irjen Pol Herry Rudolf Nahak
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Berbarengan dengan peresmian kerja sama LinkAja dengan Polresta Balikpapan untuk pembayaran digital pengurusan SIM dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), masyarakat Kota Balikpapan kini juga sudah bisa menggunakan nomor telepon 110 untuk meminta bantuan polisi.

“Dalam waktu maksimal 10 menit setelah panggilan dibuat, petugas sudah akan sampai di lokasi,” kata Kepala Polda Kalimantan Timur Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, di Balikpapan, Kamis, 20 Mei 2021.

Layanan darurat 110 diluncurkan oleh Kepala Polri dan Panglima TNI secara daring. Menurut Herry, waktu paling lama 10 menit itu menghitung berbagai kemungkinan. Yang merespons adalah polisi yang terdekat dengan warga yang melaporkan atau dengan tempat atau kejadian yang dilaporkan.

Secara sederhana, nomor 110 ini sama dengan nomor 911 yang berlaku di Amerika Serikat, di mana warga yang memerlukan bantuan apa pun—polisi, ambulans, atau pemadam kebakaran—bisa menelepon nomor itu.

Untuk melayani panggilan 110 itu, sebanyak 70 personel disiapkan. Mereka dari Polresta Balikpapan dan dari Polda Kaltim. Anggota polisi yang dari Polda dimutasikan ke Polresta. Selain personel, juga disiapkan 70 unit sepeda motor dan 10 unit mobil patroli.

“Saat ini para personel tersebut sedang menjalani latihan, terutama bagaimana memberi respon cepat pada pengaduan masyarakat,” kata Herry. Ia menambahkan, dengan layanan darurat 110 ini, polisi akan benar-benar menjunjung tinggi motto “melayani, melindungi”.

Di sisi lain, Herry juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menjadikan panggilan darurat 110 ini sebagai objek keisengan. Apalagi nomor yang memanggil terekam dan posisi yang memanggil terlihat di perangkat komunikasi polisi.

“Jadi kami minta kepada masyarakat untuk benar-benar memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya, dan tidak untuk iseng,” ujarnya.

Layanan 110 sebenarnya nomor lama untuk meminta pertolongan polisi. Nomor ini eksis bersamaan dengan nomor telepon ambulans 118 sejak dekade 1970-an atau bahkan lebih awal lagi. (ant)