Tokoh Konghucu yang Pernah Sembunyi di Rumah Gus Dur Meninggal Dunia

Karangan bunga turut berduka cita (foto ilustrasi)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Kabar duka datang dari Jawa Timur. Tokoh Konghucu yang juga teman dekat presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Bingky Irawan, meninggal dunia saat dirawat di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo, Jawa Timur, pada Senin, 31 Mei 2021.

Kabar meninggalnya anggota Presidium Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) itu menyebar di jejaring aplikasi WhatsApp. Ketua Ormas Jogoboyo Surabaya, Ahmad Badrut Tamam, membenarkan kabar meninggalnya Bingky itu. "Nggih (benar)," katanya melalui pesan singkat kepada VIVA.

Bingky Irawan adalah salah satu tokoh pejuang agama Konghucu di Indonesia. Ia sahabat sekaligus pengagum Gus Dur. Tamam menjelaskan, pada masa Orde Baru di bawah kekuasaan Soeharto, Bingky kerap menginap di rumah Gus Dur di Ciganjur, Jakarta. Dia sering bersembunyi di sana dari kejaran intel pemerintahan Soeharto.

Konghucu baru diakui kembali oleh negara sebagai agama resmi di Indonesia pada masa Presiden Gus Dur dan Bingky salah satu tokoh pejuangnya. Di masa Gus Dur pula perayaan Imlek dijadikan hari libur nasional. Jasa Bingky Irawan sangat besar bagi umat Konghucu Indonesia, kata Tamam. 

Bingky, menurutnya, juga menjadi pengelola TITD Boen Bio di Kapasan Surabaya. Gus Dur pernah berkunjung ke tempat ibadah umat Konghucu itu semasa menjabat presiden. Di situ pula foto Gus Dur dipajang. Karena itu, Bingky selalu tersenyum dan bersemangat ketika berkisah semasa bersama Gus Dur dulu.