Momen Akrab Airlangga dan Anies, Kode Pilpres 2024?

Menko Perekonomian AIrlangga Hartarto (tengah) bertemu dengan Anies Baswedan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur DKI Anies Baswedan saat menyaksikan gim ketiga final Indonesian Baskelball Leaguee (IBL), Minggu, 6 Juni 2021. Momen pertemuan kedua tokoh itu tampak berlangsung akrab dan cair.

Selain Airlangga dan Anies, ada juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Sepanjang pertandingan di Britama Arena, Mahaka Square, Kepala Gading itu, Airlangga seringkali ngobrol dengan Anies.

Momen keakraban itu ditangkap secara politik sebagai komunikasi menuju Pilpres 2024. Meski masih tiga tahun lagi, dinamika politik perebutan kursi RI-1 jadi perhatian.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menganalisis dengan statusnya sebagai Ketua Umum Golkar, Airlangga punya kans maju sebagai capres 2024. Apalagi posisinya saat ini menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

"Airlangga punya kans tuk bisa maju sebagai capres karena dia Ketum Golkar, menko ekonomi, dan Golkar punya modal 12 persen suara pemilu," ujar Ujang kepada VIVA, Senin, 7 Juni 2021.

Ujang menambahkan suara dukungan terhadap Airlangga maju sebagai capres 2024 juga didorong melalui Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas Golkar, beberapa bulan lalu. Kata dia, Golkar dikenal sebagai partai dengan mesin politik kuat di daerah karena merujuk setiap pemilu yang tak pernah terlempar dari posisi dua dan tiga besar.

Terkait keakraban Airlangga dengan Anies untuk 2024, Ujang menilai hal itu masih belum pasti. Ia menyampaikan demikian karena peta koalisi menuju 2024 masih samar.

"Masih banyak kemungkinan dan akan banyak skema. Dan juga akan banyak skenario," tutur Ujang.

Menurut dia, jika Airlangga didukung sebagai capres, maka figur cawapresnya bisa perpotensi diisi sejumlah nama.

"Hingga saat ini semuanya masih penjajakan dan masih menjaga segala kemungkinan. Bisa capresnya Anies, AHY, atau yang lainnya," ujar Ujang.

Sebelumnya, Airlangga bertemu dengan Anies dan Sandiaga  dalam pertandingan gim ketiga final Indonesian Basketball League (IBL) yang mempertemukan antara Satria Muda Pertamina melawan Pelita Jaya.

Airlangga mengapresiasi pelaksanaan IBL yang sukses digelar di tengah pandemi COVID-19. Di sela pertandingan itu, Airlangga, Anies, dan Sandi sempat berpose dengan kode mengepalkan tangan.

Dia berharap, cabang olahraga lain di Indonesia bisa meniru ketatnya penerapan disiplin protokol kesehatan. Menurut dia, harapannya bukan hanya dari basket, cabang olahraga lain juga mulai bangkit, bisa merancang pertandingan yang aman dan bisa dinikmati pecinta olahraga nasional.

"Kita berharap IBL bisa menjadi contoh bagi cabang olahraga lain, terutama dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi,” tutur Airlangga dikutip dari akun Instagram resmi Airlangga Hartato, @airlanggahartarto_official.

Dalam kesempatan itu, ada juga Direktur Utama Liga Bola Basket Indonesia Junas Miradiarsyah, serta Ketua Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih.