Jenderal Sigit: Polri Harus Tanggap Saat Tangani Bencana

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajaran Staf Logistik (Slog) Polri supaya bergerak cepat melakukan penanganan, di wilayah bencana alam dan pelayanan terhadap warga berkebutuhan khusus. 

Menurut Sigit, Slog Polri punya lima tahapan dalam melaksanakan tugasnya. "Yakni pengembangan road map logistik, optimalisasi jejaring logistik, modernisasi mekanisme logistik, restrukturisasi organisasi dan optimalisasi sumber daya," kata Sigit di Mabes Polri, Rabu, 9 Juni 2021.

Ia menjelaskan, Indonesia merupakan negara yang sering dilanda bencana sehingga diperlukan gerak cepat dari aparat kepolisian, untuk mengerahkan bantuan logistik sarana dan prasarana kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

"Kebutuhan di wilayah bencana, listrik, air dan komunikasi pasti terganggu. Diatur bagaimana manajemennya terkait dengan arus distribusi logistik bisa cepat sesuai dengan karakteristik wilayah bencana," ujarnya.

Lantaran itu, Sigit mengatakan, logistik Polri salah satu unsur penting mengingat personel kepolisian membutuhkan dukungan logistik dalam menjalankan seluruh tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Slog Polri sebagai pengemban unsur pengawas dan pembantu pimpinan dapat menyamakan visi dan misi dalam mempersiapkan langkah strategis guna menjawab tantangan dalam tugas," ujarnya.

Dengan begitu, kata dia, seluruh jajaran Slog Polri harus berkoordinasi dengan operasional di lapangan terkait kebutuhan yang diperlukan, termasuk memikirkan personel Polri yang bertugas di wilayah konflik dan berkarakteristik khusus.

"Anggota yang melaksanakan tugas di lapangan agar dilengkapi dan kualitas sesuai dengan kebutuhan, seperti anggota yang operasi di lapangan bisa melaksanakan tugas maksimal dengan medan yang berat dan ancaman jiwa anggota. Peralatan yang perlu pengamanan tinggi dijaga keamanannya seperti pengadaan senjata, peluru dan lainnya," katanya.

Di samping itu, Sigit juga meminta Slog Polri untuk menyiapkan pelayanan terbaik kepada masyarakat berkebutuhan khusus di setiap kantor kepolisian. "Harapan kami memberikan pelayanan yang baik, dibuatkan sarana dan prasarana agar pelayanan tidak ada perbedaan," ujarnya.