Jenderal Sigit Ungkap Cara Cegah Kebocoran Keuangan Negara

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pentingnya sinergitas antara Polri dan Auditor dalam mencegah dan penegakan hukum tindak pidana ekonomi serta korupsi terkait kebocoran anggaran negara.

Hal itu disampaikan Sigit saat orasi ilmiah di Seminar Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) secara virtual pada Selasa, 22 Juni 2021.

"Kerja sama dan sinergisitas Polri dengan Auditor merupakan kunci keberhasilan dalam upaya pencegahan dan penegakkan hukum terhadap tindak pidana ekonomi, khususnya korupsi yang menyebabkan kebocoran anggaran negera," kata Sigit.

Maka dari itu, Sigit mengatakan perlu adanya tindaklanjut untuk penguatan kerja sama antara Polri dan auditor dalam kegiatan operasional pencegahan dan penegakkan hukum.

"Selain itu, peningkatan kompetensi dan kapabilitas penyidik dan auditor sampai ke tingkat daerah melalui sertifikasi CSFA," ujarnya.

Dengan demikian, Sigit mendukung adanya kegiatan yang dilakukan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dalam rangka mewujudkan dan menciptakan tata kelola yang baik.

Baca juga: Pemerintah Kembali Raih WTP Kelima Kalinya Sejak 2016