Cerita Mahfud MD Ikut Deklarasikan PAN dan Jadi Pengurusnya

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD ternyata punya sejarah yang kuat dengan Partai Amanat Nasional atau PAN. Dia termasuk yang menyusun berdirinya partai itu.

PAN adalah partai yang lahir saat Reformasi 1998 bergulir. Didirikan sejumlah tokoh, termasuk yang menjadi ikonnya adalah Amien Rais.

Bermula dari pertanyaan seorang netizen di akun twitter @mohmahfudmd saat ia mencuit tentang meninggalnya pengacara senior Muhammad Assegaf. Lalu ditanya, "Prof Mahfud dulu pernah di PAN kalau gak salah?".

Baca juga: Habib Rizieq Berduka, Muhammad Assegaf Meninggal

Mahfud kemudian membalas cuitan itu, dan menceritakan saat ia pertama kali ikut membidangi berdirinya PAN.

"Pernah, dulu sy ikut menyusun saat PAN akan didirikan, dari LPSK Yogya trs ke Megamendung Bogor trs deklarasi di Jkt. Sy jg pernah jd pengurus DPP PAN saat didirikan. Di sanahlah sy kenal Pak Assegaf dll. Tp sy langsung mundur dari PAN krn sbg dosen/PNS sy pilih jd Profesor dulu," jelas Mahfud dalam akun twitter miliknya, dikutip Rabu 23 Juni 2021.

Terkait politik, pria kelahiran Sampang Madura, Jawa Timur itu memang lebih dikenal pernah menjadi pimpinan di Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB. Lalu sempat menjadi Menteri Pertahanan RI, Menteri Kehakiman dan HAM, juga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).