Kemendagri Dorong Pemda Terus Berinovasi dalam Pelayanan Publik

Agus Fatoni, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri
Sumber :
  • Kemendagri

VIVA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, Agus Fatoni, mengapresiasi inovasi dan prestasi yang telah dicapai Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Apresiasi tersebut disampaikan secara virtual pada saat menjadi pembicara dalam acara Sosialisasi dan Desiminasi Hasil-Hasil Kelitbangan Kabupaten Bogor dan Peningkatan Kinerja Organisasi. 

“Kabupaten Bogor mendapat predikat Sangat Inovatif dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah sejak tahun 2017. Capaian ini tentu sangat baik dan harus terus ditingkatkan,” kata Fatoni dalam keterangannya, Senin 5 Juli 2021. 

Kata Fatoni, meski selalu mendapat predikat Sangat Inovatif, pihaknya juga menyampaikan catatan. Ranking inovasi Kabupaten Bogor dari tahun ke tahun sempat mengalami pasang surut. 

Baca juga: Jaksa Tak Mau Kasasi Putusan Pinangki

Pada awal penilaian indeks di tahun 2017, Kabupaten Bogor langsung berhasil mencapai peringkat 2 dari 415 Kabupaten yang dinilai, tepatnya di bawah Kabupaten Gresik yang menempati urutan teratas.

Namun di tahun selanjutnya, capaian penilaian indeks Kabupaten Bogor merosot menjadi peringkat 14. Kondisi tersebut langsung direspons Kabupaten Bogor, sehingga capaian Indeks Inovasi Daerah kembali membaik di urutan 9 pada tahun 2019 dan terangkat lagi di urutan 3 pada tahun 2020. 

Dengan capaian Indeks Inovasi Daerah tersebut, Kabupaten Bogor mendapat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri saat gelaran Innovative Government Award dan dana insentif daerah bidang inovasi daerah. Dan capaian itu harus dijawab dengan konsistensi, juga berlaku bagi daerah- daerah lain di seluruh Indonesia.