Presiden Jokowi Sumbang Dua Sapi Kurban Jenis PO di Solo

Sapi kurban dari Presiden Jokowi di Solo pada 2020 lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Presiden Joko Widodo kembali menyumbangkan sapi kurban untuk dua masjid di Solo pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021. Sapi jenis PO (Peranakan Ongole) itu akan diserahkan ke Masjid Agung dan Masjid Al Wustho pada Selasa, 20 Juli 2021.

“Rencana besok sore mau diantar sekitar jam 17.00 WIB,” kata Sekretaris Takmir Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo, Purnomo, Senin, 19 Juli 2021.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada Hari Raya Idul Fitri kali ini sapi kurban dari Presiden Jokowi itu tidak berjenis Limosin namun jenis PO. Sapi tersebut memiliki berat sekitar 837 kilogram.

“Jenis sapinya berbeda dengan tahun sebelumnya. Tapi kalau bobotnya lebih berat yang ini, kalau dulu yang Limousin 830 kilogram dan yang sekarang ini 837 kilogram,” ujarnya.

Sedangkan pelaksanaan penyembelihan sapi kurban tersebut tidak dilakukan pada Selasa namun pada Rabu. Penyembelihan akan dilakukan lebih pagi dari tahun-tahun sebelumnya mengingat pelaksanaan pemotongan sapi dilakukan sehari setelah Idul Adha.

“Penyembelihan di masjid sekitar jam 07.00 – 08.00 WIB karena tidak ada salat Id jadi bisa lebih pagi,” ujar dia.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muhtarom mengungkapkan, Presiden Jokowi juga kembali menyumbangkan sapi kurban ke Masjid Agung. Sapi tersebut berjenis PO dengan berat 837 kilogram. Rencananya sapi tersebut akan dikirim oleh peternak pada Selasa.

“Informasinya dikirim besok sore, kemungkinan sampai di Masjid Agung ya sekitar waktu magrib,” kata dia.

Seperti halnya di Masjid Al Wustho, penyembelihan sapi kurban dari Presiden Jokowi itu juga akan dilaksanakan selang sehari setelah Hari Raya Idul Adha. 

“Penyembelihannya itu hari Rabu nanti. Penyembelihan akan dilakukan dengan prokes ketat,” ujarnya.