Menkominfo: Kunci Penanganan COVID-19 Kolaborasi Pemerintah dan Rakyat

Menkominfo Johnny G Plate.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate, menyatakan bahwa penanganan COVID-19 di Indonesia membutuhkan waktu karena jumlah penduduk yang sangat besar. Oleh karena itu, dia mengingatkan pentingnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat.

“Kuncinya adalah kita semua saling kolaboratif, antara masyarakat dan pemerintah," kata Johnny melalui keterangan persnya, Jumat, 23 Juli 2021.

Johnny berharap masyarakat tertib melaksanakan protokol 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. Sedangkan pemerintah melakukan 3 T, tracing, testing, treatment.

"Lalu mari semuanya berbondong-bondong vaksinasi secara masif," katanya.

Baca juga: Update COVID-19 Nasional 23 Juli 2021: Pasien Meninggal 80.598

Johnny menegaskan bahwa kolaborasi harus dibangun. Sebab, masalah penanganan COVID-19 adalah soal nyawa manusia.

"Ini soal kemanusiaan, empati, perhatian yang serius harus kita lakukan," tegas dia.

Selain itu, menteri asal Partai Nasdem itu juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga ruang digital agar tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang kontraproduktif terhadap upaya pemerintah menangani pandemi COVID-19. Misalnya menyebarkan berita bohong yang berdampak buruk bagi masyarakat.

"Jaga ruang digital, manfaatkan dengan baik. Jangan ciptakan hoaks, disinformasi dan malinformasi karena itu akan merusak kekuatan bangsa kita dalam menangani COVID -19," tuturnya.