Terkuak Isi Barang yang Ada di Mobil Jokowi

Isi barang-barang di mobil Jokowi
Sumber :
  • VIVA / Syaefullah

VIVA – Publik akhirnya tahu apa barang yang selalu ada di mobil Presiden Jokowi. Barang-barang yang ada pun ternyata sangat sederhana sekali yang kebanyakan warga punya dan pakai.

Hal ini nampak dalam sebuah video yang merekam aktivitas Jokowi saat sidah ke Apotek Villa Duta di Bogor, Jawa Barat untuk mencari beberapa obat antivirus dan vitamin.

Ketika itu Jokowi menghubungi Menteri Kesehatan Budi Gunadi untuk menanyakan ketersediaan obat dan vitamin sambil duduk di dalam mobil. Nah dari video percakapan dengan Menkes itulah baru diketahui dengan jelas barang-barang yang ada di mobil orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Nampak jaket warna cokelat yang digantung di dalam mobilnya, lalu ada minyak kayu putih, hand sanitizer, air mineral berada di tempat pegangan dudukan kursi. Serta terdapat tempat sampah kecil yang posisinya berada di bawah kaki Jokowi.

Dengan mengenakan baju lengan panjang putih dan celana hitam panjang Jokowi keluar dari mobil dan menghampiri apotek. 
Kedatangan Jokowi langsung di sambut oleh apoteker yang sedang berjaga di toko itu. Ia pun menanyakan apakah obat dan vitamin tertentu yang dibutuhkan untuk penaganan antivirus di apotek. 

Jokowi ingin memastikan ketersediaan di lapangan. Ia pun menunjukan secarik ketas yang bertuliskan daftar obat-obat. 

"Mau cari obat antivirus yang Oseltamivir," kata Jokowi pada Jumat lalu dalam akun Instagramnya, 23 Juli 2021. 

Seorang apoteker pun menjawab: "Oseltamivir sudah kosong, Pak," jawabnya. 

Jokowi menanyakan lagi kepada apoteker yang mengenakan masker itu.  Untuk mencari obat-obat itu di mana. "Terus saya cari di mana, kalau mau cari?." Tanya Jokowi. 

Jawab Apoteker: "Nah itu kita juga sudah tidak barang,". 

Jokowi pun menanyakan kembali: "Sudah berapa hari tidak ada,". 

Wanita itu menjawab: "Itu sudah lama enggak ada, Pak,". 

Kemudian, Jokowi pamit dan memasuki mobilnya. Ia pun langsung menelepon Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi terkait masalah ketersediaan obat di apotek.  

"Pak, ini saya cari obat antivirus oseltamivir enggak ada. Cari lagi yang obat antivirus yang Favipiravir juga enggak ada. Kosong. Saya cari obat yang antibiotik Azithromycin juga enggak ada," ujar Jokowi.

Tak hanya sampai disitu, Jokowi pun memberitahukan lagi soal ketersediaan vitamin D3 5000 yang sejak sepekan. 

"Saya dapat hanya multivitamin yang mengandung zinc. Hanya itu. Suplemen juga, suplemen ini ada yang D3, ada tapi hanya yang 1000. Hanya dapat yang ini saja. Vitamin D3 yang 1000. Kemudian yang suplemen kombinasi multivitamin ada. Jadi yang lain-lain, yang obat antivirus, antibiotik enggak ada semuanya," tegasnya.