Mahfud MD Unggah Berita Online yang Jadi Salah Satu Hoax Menimpanya

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mem-posting link berita media online yang disebutnya sebagai salah satu contoh dari ribuan hoax.

Hal itu di-posting dalam akun Twitter resminya, @mohmahfudmd. Dalam unggahannya itu, dia menyertakan link media online berjudul 'Sudah Lapor Jokowi, Mahfud MD Dapat Banyak Obat Hasil Bertapa untuk Sembuhkan COVID-19'.

"Ini 1 contoh dari ribuan hoax," demikian bunyi posting-an akun Twitter Mahfud MD seperti dikutip, Sabtu, 31 Juli 2021.

Mahfud mengatakan bahwa dia tidak pernah melapor ke Presiden Joko Widodo adanya obat COVID-19 hasil bertapa 40 hari. Mahfud meluruskan bahwa yang benar adalah ada seseorang yang memintanya untuk diantar menemui Jokowi karena setelah bertapa selama 40 hari menemukan obat COVID-19. Tapi, dia menolak karena pasti tidak bisa dipercaya.

"Sy tak prnh lapor kpd Presiden adanya obat covid-19 hsl bertapa 40 hr. Yg benar ada orng meminta sy utk diantar menghadap Presiden krn stlh bertapa 40 hr menemukan obat vovid. Tentu sy tolak krn hal tsb pasti tak bs dipercaya," ujarnya dalam unggahan itu.

Dalam unggahan yang lain, Mahfud mengatakan orang itu mengaku menemukan air kelapa dicampur. Kemudian, dengan doa tertentu bisa menyembuhkan COVID-19.

"Ybs mengaku stlh bertapa 40 hr menemukan air kelapa dicampur dgn ini itu dgn doa tertentu bs sembuhkan covid. Dia minta diantar presentasi kpd Presiden agar temuannya diumumkan dan dipakai oleh negara. Sy tolak, sy bilang, “Kalau benar, langsung amalkan sj utk rakyat”," cuit Mahfud lagi.