Hampir Setengah Juta Warga Kota Bandung Sudah Divaksin Dosis Kedua

Seorang wanita menjalani pemeriksaan secara singkat sebelum disuntik vaksin COVID-19 oleh petugas kesehatan di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu, 1 Agustus 2021.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengumumkan bahwa dari 1,9 juta warga di kota itu yang ditargetkan menerima vaksin COVID-19, sebanyak 800 ribu orang sudah menerima dosis pertama dan 450 ribu orang sudah menerima dosis kedua.

“Termasuk dosis ketiga untuk tenaga kesehatan sudah kita lakukan sekitar 1.500 orang. Mudah-mudahan bisa memberi rasa aman, nyaman, dan ini bagian ikhtiar kita mengatasi pandemi,” kata Yana di Kota Bandung, Senin, 2 Agustus 2021.

Yana berkeyakinan makin banyak kelompok masyarakat divaksin, upaya menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok di Kota Bandung akan cepat tercapai. Namun, Yana mengakui, Kota Bandung masih mempunyai keterbatasan dalam memotivasi warga agar proaktif untuk menjalani vaksinasi. Dia menganjurkan warga lebih proaktif untuk divaksin agar target vaksinasi lebih cepat tercapai.

Pemerintah kota, katanya, telah memfasilitasi banyak tempat vaksinasi secara massal, misalnya di 80 puskesmas dan tempat-tempat swasta atau kampus. “Kemarin di [kampus] Itenas 3.000 [orang divaksin]. Saya pikir itu upaya kita semua,” ujarnya.