Ketua MPR Kritik Para Pendemo PPKM: Hanya Menolak Tapi Tak Beri Solusi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • Youtube DPR

VIVA – Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengkritisi rencana aksi demonstrasi yang akan digelar oleh komunitas terpelajar dan pekerja terhadap kebijakan pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menurutnya, ada sejumlah kelompok orang yang lebih mengedepankan ego kelompok dengan melanggar ketentuan tentang pembatasan kegiatan masyarakat di tengah pandemi. Mereka otomatis menjadi ancaman bagi orang lain di sekitarnya.

Bambang menegaskan unjuk rasa atau demonstrasi memang tidak diharapkan negara. Namun, dia mengingatkan agar demonstrasi di tengah masa krisis pandemi ini harus diiringi dengan akal sehat, dan memberikan solusi dan rekomendasi strategi lain yang efektif.

"Sayangnya, sejauh yang diketahui publik, mereka hanya menolak PPKM tapi tidak memberi solusi. Bagi pihak lain yang antusias merekomendasikan kebijakan lockdown, seharusnya rekomendasi itu juga disertai kalkulasi dampak negatif atau ekses dari lockdown," paparnya.

Bambang juga menyadari PPKM menyebabkan sebagian masyarakat merasa dirugikan, karena kegiatan produktif mereka harus dihentikan atau dikurangi. Akan tetapi menurutnya PPKM dan prokes ditetapkan untuk menjaga keselamatan semua orang.

"Dan, demi keselamatan semua orang itulah ego kelompok, ego komunitas, ego sektoral atau ego oposisi untuk menolak PPKM dengan kegiatan unjuk rasa di ruang publik tidak bisa diterima," tegas dia.

Menurutnya, bersikap dan bersuara menolak PPKM boleh-boleh saja dilakukan, tetapi dia kembali menegaskan penolakan itu tidak harus diwujudkan dalam bentuk kerumunan orang atau pengerahan massa.