Pengacara: Ryan Jombang yang Memanfaatkan Uang Habib Bahar

Habib Bahar bin smith keluar dari mobil. saat jalani pemeriksaan di Polda Jabar, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Habib Bahar bin Smith dikabarkan bertikai dengan Very Idham Henyansyah alias Ryan 'jagal' Jombang gegara urusan uang di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Pengacara Habib Bahar membantah kabar kalau kliennya yang meminjam duit ke Ryan.

Pengacara Habib Bahar, Ichwan Tuan Kotta heran dengan keterangan pengacara Ryan, Kasman Sangaji. Kata dia, justru sebaliknya Ryan yang membuat masalah dengan Habib Bahar.

Ichwan menegaskan tak mungkin kliennya meminjam duit ke Ryan. Alasannya, karena Habib Bahar memiliki kemampuan ekonomi alias berduit.

"Ya nggak mungkin lah. Habib Bahar itu orang kaya ngapain kekurangan duit. Itu keterangan yang tidak mungkin dan tidak rasional. Adanya juga Ryan yang bikin masalah," kata Ichwan saat dihubungi VIVA, Rabu 18 Agustus 2021.

Ichwan mengatakan, menurut informasi yang diterima dari petugas lapas bahwa kejadian sebenarnya bukan Habib Bahar yang meminjam uang. Atas dasar itu, dia membantah pernyataan dari pengacara Ryan, Kasman Sangaji.

Sebelumnya, Kasman kepada awak media mengatakan Habib Bahar pinjang uang kepada Ryan. Sebaliknya, kata Ichwan, Ryan yang memanfaatkan uang Habib Bahar. 

“Awal yang saya dapat informasi dari orang-orang lapas, yang jaga, informasi tidak seperti yang diberitakan. Soal yang habib pinjam Rp10 juta itu tidak benar. Justru Ryan lah yang memanfaatkan uang Habib Bahar," katanya.

Ichwan menyampakkan, pengacara Ryan, Kasman Sangaji yang akan memberikan keterangan pers terkait peristiwa sebenarnya yang terjadi. 

"Jadi, mereka sendiri Pak Kasman (Pengacara Ryan) akan konferensi pers lagi untuk membenarkan keterangan itu,” katanya.

Pun, ia menekankan, sejak menjadi tahanan, tim kuasa hukum sulit berkomunikasi dengan kliennya. Hal ini meskipun melalui sambungan telpon. "Karena di sana kan dibatasi," katanya. 

Sebelumnya, Habib Bahar bertikai dengan terpidana Ryan di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Habib Bahar disebut pengacara Ryan, Kasman Sangaji memukul hingga menendang kliennya hingga mengalami luka lebam.

“Iya benar,” kata Pengacara Ryan, Kasman Sangaji kepada VIVA pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Menurut dia, kliennya Ryan mengaku kasus berawal dari masalah utang piutang. Dia bilang, Habib Bahar pernah meminjam uang sebesar Rp10 juta kepada Ryan. Tapi, Habib Bahar tidak pernah ada iktikad baik untuk melunasi saat ditagih Ryan.

“Ryan dipinjam uang beberapa bulan lalu untuk kebutuhan di dalam. Hingga suatu hari, Ryan ambil paksa uang Rp10 juta di meja Habib Bahar pada Sabtu, 14 Agustus 2021. Kemudian, melemparkan uang tersebut ke tong sampah,” jelas dia.

Kasman menduga kliennya dianiaya Habib Bahar pada Minggu, 15 Agustus 2021. Namun, Ryan lebih memilih diam karena khawatir dengan pendukung Habib Bahar yang ada di Lapas Gunung Sindur.

Menurut dia, saat itu, kliennya diduga dipukul, diinjak dan ditendang Habib Bahar hingga mengalami luka lebam dan sesak nafas. "Ryan dirawat di klinik lapas," tuturnya.