Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Viral Ceramah Gus Baha Sindir PDIP, Megawati dan Soekarnoisme

Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:43 WIB
Oleh :
Foto :
  • Youtube
Rais Syuriah PBNU KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha

VIVA – Nama K.h Ahmad Bahauddin atau yang dikenal sebagai Gus Baha, merupakan ulama Nahdlatul Ulama yang berasal dari Rembang. Dia jadi salah satu trending di Twtter, Minggu 22 Agustus 2021.

Dilihat VIVA, penyebab Gus Baha trending lantaran viralnya salah ceramah dia yang menyeret nama Megawati dan Soekarno. Cuitan yang menautkan nama Gus Baha sudah mencapai lebih dari 10 ribu.

Baca Juga

Berikut penggalan ceramah Gus Baha yang viral di Twitter:

Orang pro Megawati itu seakan-akan mendewakan Indonesia itu dimulai dari Bung Karno. Sampai ada Soekarnoisme bahwa seakan-akan Indonesia itu dimulai dari Bung Karno

Memang deklarator kemerdekaan Indonesia itu Soekarno, tapi umat islam, dan partai-partai Islam itu nda kecil hati. Karena embrio yang bernama Indonesa itu dari 1908 sebelum ada partai nasional, yang berani lawan kolonialialisme Belanda  adalah partai-partai islam, karena ide yang mencetus bikin Indonesia adalah kia-kia islam. Jadi Indonesia itu enggak bisa meninggakan partai Islam.

Kebangkitan Indonesia itu dimulai 1908. Karena saat itu yang mencetus ide melawan Belanda adalah kiai-kiai Islam. Saat itu bikin Serikat Dagang Islam, terus lama-lama menjadi Serikat Islam, terus lama-lama menjadi Partai Islam, dimulai dari angkatan Cokro Aminoto.

Jadi tidak bisa Indonesia itu meninggalkan Partai Islam, karena dulu era kepartaian, itu malah partai-partai Islam yang lahir di Solo, di Yogja. Kan sebelum ada negara bernama Indonesia itu kan ada negara yang bernama Demak Bintoro, itu Negeri Islam.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler