Pembangunan Rumah Bupati Calon Ibu Kota Baru Habiskan Rp34 Miliar

Rumah jabatan Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sedang dibangun.
Sumber :
  • ANTARA/Novi Abdi-Bagus Purwa

VIVA – Proyek pembangunan rumah jabatan Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, di jalan pesisir pantai Kelurahan Sungai Paret, Kecamatan Penajam, hingga kini telah menghabiskan anggaran lebih kurang Rp34 miliar, namun belum rampung 100 persen.

Informasi yang diperoleh ANTARA di Penajam, Minggu, 22 Agustus 2021, menyebutkan lanjutan pembangunan rumah jabatan kepala daerah itu masih membutuhkan anggaran sekitar miliaran rupiah lagi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara Edi Hasmoro, saat dikonfirmasi, menjelaskan masih membutuhkan anggaran untuk beberapa pengerjaan lanjutan pembangunan rumah jabatan bupati.

"Beberapa jenis pengerjaan lanjutan rumah kepala daerah itu, seperti pagar, ornamen, taman (landscape), dermaga, serta pengerjaan interior rumah," ujarnya.

Namun, proyek pembangunan rumah jabatan bupati yang daerahnya merupakan calon ibu kota baru Republik Indonesia itu mengalami perubahan kontrak dalam perjanjian (addendum) kontrak.

Anggaran sejumlah pengerjaan lanjutan rumah jabatan kepala daerah, menurut Edi Hasmoro, dialihkan untuk pemasangan jaringan listrik sepanjang dua kilometer. "Pemasangan jaringan listrik didahulukan karena kebutuhan listrik di rumah jabatan bupati sangat mendesak," ujarnya.

Pemasangan instalasi listrik rumah jabatan kepala daerah itu dibutuhkan anggaran sekitar Rp1,9 miliar.

Pengadaan listrik, kata dia, sebagai kebutuhan mendesak karena instalasi listrik diperlukan untuk kebutuhan rumah jabatan Bupati Penajam Paser Utara.

Untuk proses pembangunan, meliputi pagar, ornemen, taman, dan dermaga dilakukan bersamaan dengan pengerjaan interior rumah jabatan kepala daerah.

Dinas Pekerjaan Umum berharap rumah jabatan Bupati Penajam Paser Utara rampung pada tahun 2021, namun jika tidak memungkinkan anggaran untuk lanjutan pembangunannya akan diusulkan pada 2022. (ant)