Bandung Dapat Tambahan 300 Ribu Dosis Vaksin untuk Pelajar

Ilustrasi vaksinasi COVID-19 untuk pelajar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kota Bandung dapat suplai tambahan vaksin COVID-19 Sinovac sebanyak 300 ribu dosis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dikhususkan bagi pelajar, untuk meminimalisir risiko paparan virus corona atau COVID-19 saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara menjelaskan, distribusi ini berdasarkan permohonan Pemkot Bandung untuk memasifkan vaksinasi siswa remaja. Untuk diketahui, vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung mencapai 60 persen lebih. Akhir September ditargetkan 70 persen atau 1,9 juta warga tervaksinasi. 

"Betul (300 ribu dosis) untuk siswa usia remaja. Alhamdulillah permohonan diperhatikan Kemenkes," ujar Ahyani, Senin, 6 September 2021.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung saat ini mencapai 60 persen lebih. Menurutnya, saat ini pihaknya mendapatkan vaksin 300 ribu dari pemerintah pusat. Diharapkan dapat mempercepat program vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung. 

Menurutnya, laju konfirmasi kasus aktif COVID-19 di Kota Bandung mengalami penurunan termasuk positivity rate dan keterisian tempat tidur bagi pasien COVID-19 di rumah sakit. Yana mengimbau kepatuhan protokol kesehatan tetap harus dikedepankan untuk meminimalisir risiko penularan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat sekaligus Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Jabar Dedi Supandi mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu fokus dari Pemda Provinsi Jawa Barat saat ini. Untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi ini, Pemda Provinsi Jawa Barat melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. 

"Tugas hari ini tugas pemerintah itu tiga, penanganan COVID, yang kedua percepatan vaksinasi yang ketiga adalah pemulihan ekonomi nasional. Jadi tiga-tiganya ini harus berjalan makanya dengan kolaborasi dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi," kata Dedi.