Ketika Sandiaga Diminta Pedagang Sayur Jadi Presiden

Menteri Parekraf, Sandiaga Uno berbincang dengan pedagang sayur di Jawa Barat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Alamendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kunjungan itu terkait acara Apresiasi Desa Wisata Indonesia 2021, di mana Desa Alamendah masuk daftar 50 besar Desa Wisata Indonesia.

Momen menarik tampak ketika Sandiaga berdialog dengan salah seorang pedagang sayur bernama Ibu Diah. Awalnya, Sandiaga menanyakan kondisi perekonomian Diah di masa pandemi COVID-19.

"Sekarang udah beberapa bulan tutup. Saya sama sekali ga punya penghasilan," ujar Diah ke Sandiaga Uno, seperti dikutip Sabtu, 11 September 2021.

Lebih lanjut, Diah juga berkeluh kesah soal barang-barang jualannya yang menumpuk dan membusuk. Bahkan, harga sayur-mayur yang dijualnya pun menurun drastis.

"Harga sayur kadang hanya Rp 200 per kilogram. Coba jual gorengan bayam agar ada pendapatan, modal sudah habis," ucapnya.

Sandiaga Uno lantas memberikan motivasi dan semangat kepada Diah. Selain itu, Sandiaga Uno juga menjelaskan ihwal tujuan Desa Wisata yang satu di antaranya yakni untuk meningkatkan perekonomian pedagang kecil.

"Bapak jadi presiden aja, biar saya bisa langsung ke Bapak," kata Diah secara spontan ke Sandiaga Uno dengan suara khas Sunda.

"Jadi Presiden ya Pak," sambung Diah.

Baca juga: Harta Sandiaga Uno Turun Rp1,2 Triliun saat Jabat Menparekraf