Upaya Irjen Iqbal Kejar Target Vaksinasi 70 Persen Demi Superbike

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal bersama Danrem 162 Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dan pemerintah setempat melaksanakan apel gabungan tim vaksinator dalam rangka Percepatan Laju Vaksinasi Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Kabupaten Lombok Tengah. 

Iqbal menginginkan Kabupaten Lombok Tengah sebagai lokasi penyelenggaraan World Superbike di Mandalika pada November 2021 mendatang, penduduknya sudah divaksinasi minimal 70 persen. Target itu pula dikejar Iqbal sebagai kado terindah kepada TNI yang hari lahirnya jatuh pada 5 Oktober mendatang. 

"Apel ini menandakan kegiatan-kegiatan, upaya-upaya luar biasa dengan cara-cara luar biasa agar percepatan laju vaksinasi di Lombok Tengah meningkat. Sudah kami target sehari minimal 41.018 masyarakat tervaksin. Tentunya dengan SOP yang betul, cara-cara yang humanis, santun, sehingga masyarakat mendapatkan herd immunity, juga masyarakat bahagia, karena negara hadir di tengah-tengah mereka," kata Iqbal usai melaksanakan apel di Kantor Bupati Lombok Tengah, Minggu, 19 September 2021.

Pria kelahiran 4 Juli 1970 itu menekankan prinsipnya TNI-Polri membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan vaksinasi, termasuk penanganan pandemi COVID-19. Namun, Iqbal mengingatkan bahwa pelaksanaan World Superbike sudah di depan mata. Sementara salah satu syarat penyelenggaraannya ialah masyarakat di lokasi acara wajib memenuhi herd immunity atau telah divaksin sebanyak 70 persen dari populasi.

"Kami ketahui Kabupaten Lombok Tengah capaian untuk herd immunity 70 persen, angkanya berada 767.700 jiwa. Dari 70 persen itu, baru tercapai 19 persen mendekat 20 persen," kata dia. 

Untuk mengejar target itu, eks Wakapolda Jawa Timur ini bersama TNI dan pemerintah daerah membentuk 150 tim paramedis yang terdiri dari petugas screening, vaksinator, dan observasi. Masing-masing tim berjumlah 7 orang. Tim tersebut disebar di 139 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah. Setiap harinya, tim itu akan menyuntikkan 41.018 dosis vaksin kepada masyarakat. 

Apabila target itu terealisasikan, lanjut Alumni Akademi Kepolisian 1991 itu, maka dalam 16 hari ke depan, tepatnya HUT TNI pada 5 Oktober, masyarakat Lombok Tengah sudah mencapai herd immunity