Kapolri Klaim Kasus COVID-19 Melandai, 1.900 per Hari

Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan kasus harian COVID-19 di Indonesia saat ini sudah mengalami penurunan atau melandai. Terhitung, kasus harian pada Senin 20 September 2021, menyentuh angka sekira 1.900.

"Alhamdulillah angka laju COVID-19 perlahan sudah membaik dan kasus harian kemarin masuk angka 1.900. Dan ini tentunya merupakan hal kita patut syukuri," katanya di Citra Raya, Panongan, Kabupaten Tangerang, Selasa, 21 September 2021.

Lanjut dia, angka tersebut menunjukkan hal yang positif mengingat, pada Juli 2021 Indonesia berada dalam keadaan paling terpuruk dalam kasus COVID-19.

"Ini hal yang cukup baik dibandingkan pada beberapa waktu lalu, dimana pada bulan Juli itu sampai 56 ribu kasus hariannya," ujarnya.

Kemudian, Listyo juga menjabarkan, kondisi penurunan tidak hanya terjadi pada kasus saja, namun bed occupancy rate (BOR) nasional pada saat ini berada dibawa 15 persen. Dibandingkan dengan Juli 2021 bisa di atas 90 persen.

Menurutnya, hal tersebut terjadi selain proses 3 T yang gencar dilakukan, langkah mempercepat vaksinasi COVID-19 juga sangat berpengaruh menekan laju pertumbuhan kasus.

"Vaksinasi ini juga menjadi faktor kita bisa tekan laju kasusnya, dan segera mungkin mampu memulihkan pergerakan roda ekonomi," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nawahasta Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1998 mengadakan vaksinasi massal dengan 4 ribu dosis yang digelar di Citra Raya, Panongan, Tangerang.

Dalam hal ini, Presiden Direktur PT. Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata mengatakan, tidak hanya sebagai penyedia lokasi, pihaknya pun juga menerjunkan tim vaksinator.

"Hari ini target 4 ribu dengan 20 tim vaksinasi. Alhasil kita pun harap dengan keterlibatan kami, khususnya menyediakan tenaga dan lokasi, bisa mempercepat proses vaksinasi di Tangerang yang masuk dalam wilayah aglomerasi," ungkapnya.