Ratusan Pelajar Usia 12-17 Tahun di Bandung Divaksinasi

Vaksinasi pelajar di Bandung, Jabar, Kamis, 23 September 2021.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Ratusan pelajar di Kota Bandung Jawa Barat dari usia 12 sampai 17 tahun divaksinasi vaksin COVID-19 untuk meminimalisir risiko klaster penularan saat belajar tatap muka.

Diketahui, 1.677 atau lebih dari 90 persen sekolah di Kota Bandung dinyatakan lolos verifikasi dan layak menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di masa pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah kita minta 400.000, malahan hadir 600.000," kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna, Kamis, 23 September 2021.

Menurutnya, vaksinasi sebelumnya menggunakan azas domisili atau kewilayahan dimana sasaran vaksinasi tinggal. Namun, hasil evaluasi cara tersebut tidak mendukung akselarasi. Dengan strategi massal di masing-masing sekolah dinilai dapat mengakselerasi.

"Kita punya succes story pada saat PTK dilakukan seperti itu, dan itu mencapai di atas 100 persen. Sekarang alhamdulillah di SMKN 15 hari ini menyelenggarakan seperti itu," katanya.

Total vaksinasi untuk usia 12 - 17 tahun di Kota Bandung hampir mencapai 24 persen. Sedangkan total data vaksinasi secara keseluruhan, Kota Bandung sudah menyelesaikan hampir 80 persen untuk dosis pertama. Hal itu berarti sudah melebihi target awal di bulan September 2021 sebanyak 70 persen.

"Itu mendekati 50 persen. Saya pikir, September itu bisa 82-83 persen. Artinya target kita pada Desember lebih awal untuk dapat tercapai 100 persen. Pada November kita optimis terkalkulasi," ucap Ema.

"Kalau itu sudah tercapai, herd immunity itu akan hadir lebih awal. Itu yang menjadi harapan kita. Sehingga kita mudah-mudahan secepatnya bisa kembali menjalani kehidupan yang normal," ujarnya menambahkan.