Viral Harimau di Medan Zoo Makan Rumput, Tubuhnya Kurus

Viral harimau di kebun binatang Medan dalam keadaan kurus dan makan rumput
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA –  Seekor harimau Sumatera penghuni Kebun Binatang Medan Zoo mendadak viral di media sosial. Hal ini lantaran hewan buas yang dikenal memakan daging disebut memakan rumput.

Dalam video berdurasi 11 detik yang beredar di media sosial dengan bertuliskan ‘Harimau Kurus Makan Rumput’. Terlihat hewan dengan bahasa latin Panthera tigris sumatrae ini, kondisi tubuhnya kurus. 

Atas viral harimau makan rumput tersebut, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara menurunkan tim untuk melakukan pengecekan langsung hewan langkah dilindungi itu.

Plh. Kepala BBKSDA Sumatera Utara, Irzal Azhar menjelaskan bahwa kondisi harimau yang viral di media sosial dalam keadaan sakit. Karena, gangguan pencernaan dan cacingan berdasarkan keterangan dari dokter hewan di Medan Zoo.

"Sedang dilakukan perawatan dan pengobatan oleh pihak Medan Zoo. Kami sudah turunkan tim pagi ini ke Medan Zoo untuk memeriksa kondisi harimau disana, kami sedang menunggu hasil tim," sebut Irzal kepada wartawan di Medan, Jumat 24 September 2021.

Ditanyakan apa penyebab harimau itu, sakit. Irzal mengatakan belum menerima laporan dari tim yang turun ke Medan Zoo. Sehingga belum bisa membeberkan penyebabnya.

"Nanti saja setelah keluar hasil dari tim," ungkap Irzal.

Kebun Binatang Medan Zoo ini di bawah pengelolaan Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan Kota Medan. Selama COVID-19, kondisi hewan penghuni Medan Zoo sangat memperihatinkan.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PUD Pembangunan Kota Medan, Gerald Parigi Siahaan saat dikonfirmasi VIVA terkait dengan viralnya harimau makan rumput melalui telepon selular tidak menjawab.

Baca juga: Upaya Polisi Tangkap Pelaku Tindak Asusila di Tebing Koja