Penjelasan Medan Zoo soal Harimau Kurus Kering dan Makan Rumput

Viral harimau di kebun binatang Medan dalam keadaan kurus dan makan rumput
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Seekor harimau penghuni kebun binatang Medan Zoo viral karena tertangkap kamera makan rumput dan kondisi tubuhnya kurus kering. Berdasarkan keterangan dari dokter hewan di kebun binatang tersebut, hewan buas dilindungi itu memang sedang sakit. 

"Jadi saat ini kemarin memang kondisi harimau Sumatera itu punya kita. Beberapa saat lalu memang dia ada masalah kondisi pencernaan ada infeksi," ucap dokter hewan di kebun binatang Medan Zoo, drh Yona kepada wartawan, Jumat 24 September 2021.

Yona mengungkap bahwa di pencernaan harimau tersebut terjadi infeksi cacing dan bakteri. Oleh karena itu pihaknya mengeluarkan hewan langka dilindungi dari kandangnya ke kandang khusus perawatan.

"Sudah melakukan pengobatan dan perawatan saat ini. Dia (harimau) masih dalam pemulihan, jadi untuk pola makan dia dirawat dan diberikan vitamin seperti itu," kata Yona.

Yona juga menjelaskan dalam video viral di media sosial soal harimau tersebut memakan rumput. Hal itu kata dia, biasa dilakukan hewan sejenis kucing-kucingan. Perilaku memakan rumput untuk mengeluarkan bulu-bulu yang tertelan di dalam mulut binatang buas itu.

"Memang sejenis kucing-kucingan itu. Memang biasa makan rumput itu untuk membantu sistem pencernaan mengeluarkan biasanya, sejenis herbol atau bulu-bulu yang tertelan saat dia membersihkan diri," kata dia.

Sementara untuk kondisi tubuh harimau yang kurus Yona mengatakan disebabkan karena sakit sehingga nafsu makannya berkurang. Tapi untuk asupan makanan seperti daging segar diberikan normal setiap harinya.

"Jadi kan saat dia (harimau) sakit ada kondisi dia nafsu makannya menurun pasti. Sama kayak kita sakit pastinya seperti itu. Saat ini, kita sedang proses pengembalian selera makannya untuk pengembalian bobot tubuh seperti semula," ucap Yona.

Untuk diketahui kebun binatang Medan Zoo ini di bawah pengelolaan Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan Kota Medan yang merupakan perusahaan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

Meski pandemi COVID-19, Lanjut Yona mengungkap untuk pasokan makanan harimau dan hewan yang lain di Medan Zoo sangat tercukupi. Kata dia. banyak donasi diberikan oleh masyarakat dan donatur.

"Setiap harinya harimau kita berikan makan daging ayam. Kita ada juga tambahan daging sapi atau daging babi juga ada. Kalau itu sekitar 4 sampai 5 kg per hari," imbuh dia.

Sebelumnya dalam video berdurasi 11 detik yang beredar di media sosial yang diberi caption "Harimau Kurus Makan Rumput". Terlihat hewan dengan bahasa latin Panthera Tigris Sumatrae ini dengan kondisi tubuh kurus kering amat memprihatinkan.