VIDEO: Deretan Kendaraan Perang TNI Mejeng di Istana

HUT TNI ke 76, TNI Gelar Pameran Alutsista di Depan Istana
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Upacara peringatan HUT TNI ke-76 digelar di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Selasa 5 Oktober 2021. Presiden Jokowi menjadi pemimpin upacara tersebut. Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI yang menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa.

Acara HUT TNI di Istana juga dimeriahkan dengan atraksi prajurit TNI AU dalam manuver jet tempur di langit Jakarta. Selain itu ada pula jejeran kendaraan perang milik TNI AD yang dipamerkan di depan Istana.

Dalam satu kesempatan, Jokowi mengajak Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Istinya Iriana Jokowi untuk melihat jejeran kendaraan perang tersebut. 

Bahkan ada momen lucu saat itu. Jokowi Iriana Jokowi beserta ibu Wapres Wuri Maruf Amin untuk naik kendaraan taktis TNI yang dipamerkan saat peringatan HUT TNI ke-76 di depan Istana.

Peristiwa itu terjadi ketika Presiden Jokowi melihat-lihat kendaraan tempur TNI yang dipamerkan di depan Istana. Jokowi yang menunggangi mobil golf bersama Wapres Maruf Amin tiba-tiba berhenti di sebuah kendaraan tempur milik TNI AD. 

Presiden Jokowi nampak kepincut dengan profil kendaraan tempur jenis Multi Purpose Combat Vehicle (MPCV), sebuah kendaraan pertahanan yang dirancang khusus untuk meluncurkan rudal permukaan ke udara.

"Biar yang nyentir Pak Andika (KSAD)," imbuhnya disertai gelak tawa pejabat yang hadir.