Inovasi Podcast Desa, Bupati Bogor Sosialisasi Vaksin dan Prokes

Bupati Bogor Ade Yasin menjadi narasumber podcast Desa Bantar Sari
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Pemerintah terus menyosialisasikan vaksinasi dan protokol kesehatan dari berbagai sarana dari mulai media sosial hingga baliho sarana publik lainnya. Salah satunya sarana pada medio 2021 yang tengah digandrungi adalah podcast Youtube. 

Seperti yang dilakukan Kepala Desa Bantar Sari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Lukmanul Hakim. Mulai banyaknya perhatian masyarakat dengan konten podcast youtube, desa yang menyandang Desa Quran karena banyaknya penghafal quran itu menggagas podcast dialog bagi masyarakatnya.

Salah satunya podcast yang, dihadiri Bupati Bogor Ade Yasin yang didampingi Komite Strategis Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar atau Gus Udin. 

Dalam podcast ini, menurut Ade, program pemerintah menyosialisasikan program Vaksinasi, hingga mengajak mematuhi Protokol Kesehatan mencegah penularan virus COVID-19 dengan saling mengingatkan mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan 5M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi. 

"Vaksinasi sudah 40 persen di Kabupaten Bogor dan saya kira ini terbesar karena penduduk kabupaten terbanyak. Jadi sudah 1,8 juta penduduk tinggal sisannya mudah-mudahan selesai sampai desember. Targetnya 4,2 juta atau 70 persen," jelas Ade Yasin.

Ade menilai, podcast di Desa Bantarsari, merupakan satu-satunya desa yang punya podcast di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini menjadi contoh di era digitalisasi ini sedang menggerakan desa untuk menjadi smart village yang melek teknologi. 

"Kami juga ada program kelompok informasi masyarakat (KIM) ini lah salah satu contoh pilot project. Ini saya kira langkah yang smart karena saat ini menjaring anak-anak muda lagi ngehits podcast dan Podcast ini menyasar kalangan milenial yang lagi hits dan mengena juga dalam sosialisasi vaksinasi dan protokol kesehatan," kata Ade, namun sosialisasi yang tidak pernah putus dilakukan pemerintah kepada Manula dan orang dewasa.