Banjir Rendam Ribuan Rumah di Kabupaten Serdang Bedagai

Banjir rendam rumah warga di Kabupaten Serdang Begadai
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Curah hujan tinggi membuat ribuan rumah warga di Kabupaten Serdang Begadai, Sumatera Utara, terendam banjir, Kamis 21 Oktober 2021. Namun, kondisi air sudah berangsur surut.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Serdang Begadai, banjir dengan ketinggian 30 hingga 80 cm merendam tiga kecamatan di Kabupaten Serdang Begadai, yakni Kecamatan Perbaungan, Sei Rampah dan Tebing Tinggi.

"Laporan sementara sebanyak 1.238 rumah terendam banjir di 3 Kecamatan, ketinggian air antara 30 sampai 80 sentimeter," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Serdang Bedagai, Juanda Pasaribu kepada wartawan.

Banjir rendam rumah warga di Kabupaten Serdang Begadai.

Photo :
  • Istimewa/Putra Nasution

Juma menjelaskan selain curah hujan tinggi, banjir disebabkan tanggul sungai di Kecamatan Tebing Tinggi jebol. Namun, ia mengatakan pihaknya belum menerima laporan warga yang mengungsi.

"Belum ada warga yang mengungsi, perahu evakuasi sudah diturunkan ke lokasi banjir di Sei Rampah," tutur Juanda.

Sementara itu, Camat Sei Rampah, Rahmad Suhendra Damanik mengatakan, banjir merendam ratusan rumah di beberapa desa di Kecamatan Sei Rampah yang berada di sekitar Sungai Bedagai.

"Sementara ada 590 rumah di Kecamatan Sei Rampah terendam banjir, akibat curah hujan dan meluapnya sungai Bedagai," kata  Rahmad.