Peringati Haul Bung Karno, Raja-raja se-Nusantara Gelar Doa Bersama 

Pidato presiden Soekarno.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Laskar Ganjar-Puan akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional sekaligus doa kebangsaan para raja-raja se-Nusantara pada 19 Juni 2022 di Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur. Acara ini digelar dalam rangka memperingati Haul Presiden RI pertama Soekarno.

Ketua Umum Laskar Ganjar-Puan, Nawang Andi Kusuma mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi kesiapan panitia nasional maupun daerah. Dia berharap seluruh jajaran pengurus untuk hadir dalam acara tersebut.

"Kepada para pengurus DPP, DPD dan DPC untuk dapat hadir dalam perhelatan tersebut, sekaligus melakukan ziarah di makam proklamator dan Bapak Bangsa, Bung Karno," kata Nawang, Sabtu 11 Juni 2022. 

Baca juga: Sediakan Payung, BMKG Prakirakan Sabtu Siang Jakarta Bakal Hujan

Sementara itu, Sekjen Dewan Kerajaan Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN), Yani Kuswodidjojo mengatakan acara doa tersebut akan dihadiri para raja-raja kerajaan nusantara untuk persatuan NKRI. 

"Mendoakan agar kelak Indonesia mendapatkan pemimpin yang amanah, komitmen terhadap ketuhanan yang maha esa, persatuan, kesatuan, kesejahteraan, kemakmuran yang merata dan tegaknya nilai-nilai budaya yang luhur di topang dengan nuansa keadilan," kata Yani.

Menurutnya, pada sebelum kemerdekaan, para raja-raja di nusantara memberikan kepercayaannya kepada Bung Karno untuk memimpin bangsa.

Bung Karno

Photo :
  • U-Report

"Di masa pra kemerdekaan, para raja-raja mempercayakan kepada Bung Karno untuk memimpin bangsa. Kami berharap Trisakti Bung Karno yang berkepribadian dalam kebudayaan bisa benar-benar terwujud di bumi nusantara Indonesia," kata Yani.

Selain raja-raja se-Nusantara yang bersiap untuk hadir dalam doa kebangsaan, di dalam acara Munas Laskar Ganjar-Puan di Kota Blitar, rencananya akan datang dan di hadiri oleh Kepala Suku-Suku besar dari Papua, seperti kepala suku besar Arfak, serta mantan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.