Keberadaan Bharada E Terungkap, Kini Ditarik ke Mako Brimob

Bharada E (Baju hitam) datangi Komnas HAM dikawal Brimob
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Mabes Polri akhirnya angkat bicara terkait keberadaan Bharada E alias Richard Eliezer, yang kini masih menjalani pemeriksaan pada kasus tewasnya Brigadir J alias Yosua Hutabarat.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo menuturkan, Bharada E kini masih menjalankan tugas seperti biasa di Markas Komando Brigadir Mobil (Mako Brimob).

Diketahui saat ini Bharada E sebagai berstatus saksi dalam baku tembak sesama polisi di rumah singgah Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

"(Ditarik ke Mako Brimob) karena statusnya masih jadi saksi," ungkap Dedi seusai dikonfirmasi, dikutip dari tvOnenews.com, Senin, 1 Agustus 2022.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Photo :
  • dok Polri

Sebelumnya, keberadaan Bharada E sebelumnya kerap dipertanyakan kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak. Dia mengatakan pihak keluarga ingin mengetahui keberadaan Bharada E yang diduga menjadi pembunuh Brigadir J.

"Siapa itu Bharada E dan di mana dia? Itu tidak pernah diungkap sehingga kasus ini janggal," kata dia, beberapa waktu lalu.

Adapun kabar keberadaan Bharada E kali pertama diketahui dari Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo.

Menurut Hasto, pihaknya ingin memanggil Bharada E dan istri Irjen Ferdy Sambo untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J.  "Pengacaranya Bu PC (istri Sambo) melayangkan surat belum bisa memberikan keterangan. Nah, Bharada E tidak datang, tapi yang hadir malah dari Mako (Brimob)," jelas Hasto.

Baca juga: Kasus Brigadir J Ditarik ke Bareskrim, Ini Alasannya