Saat Irjen Teddy Minahasa Ketemu Lagi sama AKBP Dody, Hotman: Gak Saling Lihat

Irjen Pol Teddy Minahasa memakai baju tahanan.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA Nasional – Mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Teddy Minahasa dan eks Kapolres Bukittinggi, Ajun Komisaris Besar Polisi Dody Prawiranegara dikonfrontir terkait kasus dugaan peredaran narkoba yang membelit mereka.

Kuasa hukum Teddy, Hotman Paris Hutapea mengatakan, salah satu yang dibahas saat konfrontir keduanya yaitu terkait Irjen Teddy yang menurutnya dituduh memperdagangkan sabu seberat lima kilogram. Dirinya menegaskan kalau tuduhan terhadap kliennya memperdagangkan lima kilogram sabu tidak tepat dan belum ada bukti.

Irjen Teddy Minahasa

Photo :
  • ANTARA

"Yang menjadi kejanggalan dan belum ada titik temu adalah satu, Teddy Minahasa itu kan dituduh memperdagangkan yang lima kilogram, ternyata yang disita dari rumah Anita dan Dody itu hanya 3,3 kilogram, terus 1,7 kilogram ke mana? tidak ada buktinya, tidak ada tersangkanya. Jadi ini kasus sekarang hanya terkait dengan satu kilogram dari rumah Anita, dua kilogram lebih dikit dari rumah Dody, yang 1,7 ke mana? belum ada tersangkanya sama sekali," ucap dia di Markas Polda Metro Jaya, Rabu 23 November 2022.

Pertemuan mereka dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Irjen Teddy dan AKBP Dody mengalami momen canggung antara mantan atasan dan bawahan. Konfrontasi dilakukan di gedung Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Mereka berada dalam satu ruangan yang sama. 

Kuasa hukum Teddy Minahasa, Hotman Paris Hutapea di Polda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA/Rahmat Ilham

"Mereka satu ruangan tapi saling enggak lihat. Bedanya hanya satu meter," ucapnya.

Menurutnya, perasaan canggung antar keduanya terjadi sejak awal penyidik bertanya substansi perkara. Mereka seakan enggan saling bertatapan saat menjawab pertanyaan penyidik. Sol riwayat percakapan Irjen Teddy dengan AKBP Dody juga jadi materi konfrontasi. Dia menegaskan, kliennya berpesan pada Dody untuk menarik seluruh barang bukti narkoba yang sempat dijadikan pancingan tersangka lain.

"Yang sana (AKBP Dody) pada saat membantah melihatnya ke mana. Gimana pun ada canggung antara bos dan anak buah. Satu ruangan kan dikonfrontir. Semuanya semua ditanyakan yang relevan. Misalnya mengenai chat, mengenai jumlah timbangan, semuanya ditanyakan sesuai permintaan jaksa P19 untuk tersangka Dody, untuk tersangka Anita dan tersangka Arif. Ini dalam kaitannya mereka bertiga bukan terhadap Teddy sebagai tersangka," katanya lagi.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa saat merilis kasus narkoba di Bukittinggi beberapa waktu lalu. Kini Teddy jadi tersangka narkoba

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Sebelumnya diberitakan, pengacara Irjen Teddy Minahasa, yaitu Hotman Paris menyampaikan alasan batalnya konfrontasi kliennya dengan dua tersangka lain dalam kasus peredaran narkotika jenis sabu yang semula akan digelar pada Senin 21 November 2022 di Polda Metro Jaya. 
Konfrontasi tersebut antara lain yaitu Irjen Teddy Minahasa dengan AKBP Dody Prawiranegara serta satu orang wanita yang bernama Anita. 

Hotman mengatakan dirinya mendapat informasi dari tim penyidik Polda Metro Jaya bahwa salah satu tersangka berhalangan hadir lantaran sedang sakit. Untuk itu, konfrontasi para tersangka batal digelar hari ini.

"Rencana hari ini adalah konfrontasi antara tersangka yaitu mantan Kapolres dan wanita bernama Anita dengan klien saya Teddy. Tapi katanya dapat informasi dari penyidik katanya ada salah satu dari tersangka itu sakit dari pihak sana. Sehingga untuk konfrontasi diundur hari ini," ujar Hotman kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin 21 November 2022.