"Penerbangan Batal, Mandala Hanya Kirim SMS"

Calon penumpang Mandala antre pengembalian tiket.
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVAnews - Maskapai penerbangan Mandala Airlines membatalkan sejumlah penerbangan sehari sebelum jadwal pemberangkatan melalui SMS. Penumpang pun tak kuasa menyatakan kekecewaan mereka.

"‎Maaf, RI-394 CGK-BPN/CGK-TRK 13Jan dibatalkan. Disarankan untuk mencari penerbangan lain. Hub call center 08041234567/02156997000 utk proses refund."

Demikian kutipan pesan singkat SMS yang diterima Melly Fitria, calon penumpang Mandala Air tujuan Singapura. Dia memperlihatkan kepada wartawan, Kamis 13 Januari 2011.

Melly mengaku menerima SMS dari Mandala itu, 12 Januari malam lalu. Lalu, dia sempat mencoba menghubungi nomor pengirim SMS, tapi tak pernah terhubung. "Pokoknya nggak mau tahu, Mandala harus mengalihkan ke penerbangan lain," kata Melly kesal saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta.

Oleh petugas keamanan Bandara Soekarno-Hatta, Melly diarahkan menghubungi pihak Mandala Air di kantor pusatnya di Tomang Jakarta Barat.

Melly sendiri pergi ke Singapura untuk menemani orang tuanya berobat. Sebelumnya Melly sudah membuat janji dengan dokter di Singapura dan telah memesan penginapan.

Kekesalan jug dirasakan penumpang lainnya, Nana. Calon penumpang Mandala yang rencananya akan berangkat hari ini ke Balikpapan mengeluhkan pelayanan Mandala.

"Hanya lewat SMS saja katanya batal terus disuruh cari penerbangan yang lain," kata dia saat ditemui datang ke loket Mandala di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Dia juga mengaku sudah berusaha datang ke lokasi kantor pusat Mandala di Tomang. Namun, sampai di sana, tak satu pun manajemen yang mau menemuinya. "Saya kemarin sudah pergi tapi tidak ada kesempatan untuk ketemu langsung. Kami sebagai konsumen kecewa sekali kalau seperti ini," kata Nana.