Harga Tiket Pesawat di Riau Meroket

Mandala Air
Sumber :
  • www.mandalaair.com

VIVAnews – Tidak beroperasinya pesawat Mandala Airlines dimanfaatkan sejumlah maskapai penerbangan dengan menaikkan harga tiket. Ini terjadi di Pekanbaru hari ini.

"Jadi, begitu Mandala tidak terbang, tentu penumpang yang selama ini naik Mandala akan pindah ke maskapai lain. Nah, kondisi ini akan berdampak terhadap penjualan tiket," kata District Manager Sriwijaya Air Pekanbaru, Wendi Yolanda Pasaribu, Kamis, 13 Januari 2011.

Menurutnya, penumpang Mandala cukup banyak, mengingat maskapai ini menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 kursi.

Khusus di Pekanbaru, katanya, ada tiga rute Mandala yang mempunyai penumpang cukup banyak. Yakni, Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Medan dan Pekanbaru-Batam.

"Nah, penumpang tentu akan lari ke kami. Dan dengan banyaknya calon penumpang harga tiket otomatis akan naik. Tapi masih sesuai aturan penerbangan," katanya.

Sementara itu, salah seorang agen tiket yang ditemui VIVAnews di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bayu, mengatakan harga tiket telah melonjak.

"Ini dampak Mandala yang tidak beroperasi," kata petugas yang tidak mau menyebutkan nama.

Dijelaskannya, harga tiket pesawat Pekanbaaru-Jakarta dijual kisaran Rp800 ribu hingga Rp1 juta. Biasanya harga normal sekitar Rp400 ribu sampai Rp700-an ribu.

Demikian juga halnya untuk rute Pekanbaru-Batam. Hari ini harga tiket termurahnya di kisaran Rp600 ribuan. Padahal harga normalnya sekitar Rp300 ribu sampai Rp500 ribuan.

"Sedangkan untuk rute Pekanbaru-Medan rata-rata naik seratus ribu. Harganya berkisar sekitar Rp400 ribuan," ujarnya.

Laporan: Ali Azumar | Riau