Perbankan Tempati Urutan Teratas

Sumber :

VIVAnews - Sektor perbankan menempati urutan teratas dalam jumlah pengaduan masyarakat yang diterima Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) selama tahun 2008. Adapun jumlahnya mencapai 69 pengaduan atau 16,12 persen.

Pengaduan tertinggi lain ditempati komoditas listrik atau PLN dengan jumlah 54 atau sekitar 12,62 persen dan ketiga sektor perumahan
dengan jumlah pengaduan 49 atau 11,45 persen.

"Tahun ini perbankan menjadi juara dalam jumlah pengaduan yang diterima YLKI, dominiasi kasus masih pada karrtu kredit," ujar Ketua
Pengurus Harian YLKI, Huzna G. Zahir, di kantornya, Jumat 9 Januari 2009.

Sementara bidang transportasi yang biasanya tida pernah masuk dalam lima besar, pengaduan konsumen tahun ini tampak melebihi pengaduan air minum dan telekomunikasi. Pengaduan transportasi di dominasi dengan transportasi udara dan sebagian besar terkait pelayanan tiket.

"Total pengaduan yang diterima YLKI sampai minggu ke tiga Desember 2008, sejumlah 428 pengaduan, dengan jumlah pengduan yang diterim secara langsung dan melalui surat," tuturnya.

Berikut sepuluh besar bidang pengaduan berdasarkan data pengaduan 2008, tingkat 1 komiditasnya perbankan jumlah 69 pengaduan atau 16,12%, ke dua listrik atau PLN jumlah 54 pengaduan atau 12,62%, ketiga perumahan 49 pengaduan atau 11,45%, transportasi 39 pengaduan atau 9,11 %, kelima PDAM 38 pengaduan atau 8,88%, enam telekomunikasi 33 pengaduan atau 7,71%, otomotif 18 pengaduan atau 4,21%. delapan elektronik 14 pengaduan atau 3,27%, sembilan makanan 12 pengaduan atau 2,8% sepuluh undian 10 pengaduan atau 2,34%.