NII Juga Masuk Universitas Katolik

Demo keprihatinan perekrutan paksa oleh kelompok diduga NII
Sumber :
  • Antara/ Ari Bowo Sucipto

VIVAnews - Gerakan Negara Islam Indonesia melakukan perekrutan juga sampai ke universitas Katolik seperti Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Rektor Sanata Dharma, Romo P Wiryono Pritotamtama, menyebutkan pada tahun 2008 lalu, intelijen pernah melaporkan ada empat mahasiswa di universitas ini yang diduga terlibat NII.

"Yang memberi informasi pihak intelijen yang mengumpulkan wakil rektor bidang kemahasiswaan universitas-universitas di Yogya," kata Romo Wiryono di Yogyakarta, Kamis 28 April 2011.

Keempat mahasiswa itu, kata Romo, adalah mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Namun Sanata Dharma tidak diberi tahu identitas keempat mahasiswa itu. Namun pihaknya kemudian meminta intelijen dan polisi mengawasi mereka.

Kemudian, tahun 2010, ada satu mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma yang melaporkan karena terlibat NII. Mahasiswa ini kemudian didampingi teman dan dosennya, sambil dilakukan rehabilitasi.

Romo Wiryono menjelaskan, meski bernaung di bawah yayasan Katolik, 15 persen dari mahasiswa Sanata Dharma beragama Islam. Diduga, 15 persen inilah yang disasar gerakan NII ini.

Romo sendiri menjelaskan, ancaman radikalisasi ini bukan hanya NII tapi juga dari kalangan Kristen radikal dan gerakan Papua Merdeka. "Kami telah meminta polisi mengawasi kampus," kata Romo Wiryono.

Laporan: Erick Tanjung | Yogyakarta, umi