Roy Suryo Komentari Skype Nazar-Iwan Piliang

Mohammad Nazaruddin memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin, semakin berani. Sebab, setelah beberapa kali memberikan keterangan melalui sambungan telepon yang ditayangkan di Metro TV, kini ia berani menunjukkan wajahnya saat berbicara dengan Iwan Piliang dari Presstalk.

Wawancara yang sudah diunggah di YouTube dengan judul "Video Wawancara Skype Nazaruddin dengan Iwan Piliang" itu dilakukan dengan menggunakan fasilitas Skype via internet.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Demokrat, Roy Suryo angkat bicara. Menurutnya, dari Skype Nazaruddin dengan Iwan Piliang itu menunjukkan bahwa analisa-analisa mengenai jingle Sari Roti dan sambungan telepon Metrotv dengan Nazaruddin dibantu pihak ketiga adalah benar.

"Termasuk lokasi wawancara yang dilakukan itu di Amerika Latin,"  ujar pemerhati telematika itu dalam pesan singkat yang dikirim ke VIVAnews.com di Jakarta, Sabtu 23 Juli.

Sebelumnya, Roy Suryo menilai jingle Sari Roti kemungkinan besar berasal dari ringtone ponsel Nazaruddin. Atau bisa juga dari BlackBerry yang dipegang Nazar.

"Kalau kita dengar itu konstan, tidak berubah-ubah. Kalau pedagang roti keliling itu berubah-ubah kuat ke lemah. Ada amplitudonya. Sangat besar kemungkinan itu ringtone," kata Roy di Gedung DPR, Jakarta, belum lama ini.

Dia juga menduga, nyanyiannya melalui telepon yang selama ini dilakukan Nazaruddin itu tidak langsung dari piranti telepon yang dipegangnya ke telepon Metro TV. Menurut Roy, ada pihak ketiga yang membantu menyambungkannya.

"Yang saya lihat dia tidak menggunakan clear channel. Dia menggunakan calling card, VoIP, bisa beli kartunya di mana saja. Tergantung negara mana yang mengeluarkan, tergantung penyuara calling card-nya," kata Roy. (ren)