Festival Layang-layang Hiasi Langit Yogya

Festival Layang-Layang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ratusan wisatawan memadati pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melihat festival layang-layang tingkat nasional yang digelar oleh Dinas Pariwisata, DIY. Festival yang digelar selama dua hari, Sabtu hingga Minggu 8-9 Oktober 2011 itu diikuti oleh 27 peserta lokal maupun nasional.

Menurut Ketua Panitia Festival, Awiek Rossprayitno, festival ini merupakan kegiatan ke-11 kali sejak 2001. Tak hanya dari Yogyakarta, peserta berasal dari Solo, Magelang, Cilacap, dan Surabaya.

Ada dua kategori layang-layang yang dilombakan yaitu dua dimensi yang layang-layangnya flat dan tiga dimensi dengan total hadiah Rp15 juta.

"Para peserta itu bersaing menarik perhatian juri dengan karya mereka mulai dari kerumitan bentuk, aplikasi warna, dan gerakan layang-layang di udara," paparnya.

Dalam festival ini, animo masyarakat tiap tahunnya meningkat. Tak hanya anak-anak, festival ini juga dinikmati orang dewasa. Bukti lainnya yaitu harga layang-layang juga meningkat mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ukuran layang-layangnya maksimal 3 m x 2,5 m dan hanya bisa diterbangkan dengan angin laut. (Laporan: Juna Sanbawa l Yogyakarta-art)