Mabes Polri: HUT OPM, 1 Polisi Tewas di Papua

Sarang OPM di Belanda
Sumber :
  • Jackson Kumaat

VIVAnews - Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Saud Usman Nasution, mengungkapkan seorang anggota Satuan Intelkrim Polres Jayapura, Bripda Ridwan Napitupulu, tewas dini hari tadi. Insiden itu diduga terkait dengan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka pada 1 Desember 2011.

Saud menjelaskan kronologi tewasnya Bripda Ridwan. Pada Kamis sekitar jam 01.00 waktu setempat, Ridwan bersama Bripka Dian Budi Santosa, Kanit Intelkrim Polsek Nimbokorang, mengusut laporan adanya keresahan di salah satu desa di Kampung Berang, Distrik Nimbrokang.

"Pada saat dua anggota ini berangkat ke sana dihadang massa yang bersenjata panah dan bersenjata panjang. Kemudian kedua anggota ini meloncat ke sungai, Kali Niru. Kemudian satu orang selamat satu orang ditangkap oleh gerombolan ini dan dibunuh," kata Saud saat ditemui dalam acara HUT Polisi Udara, di Lanud Pondok Cabe, Kamis 1 Desember 2011.

Saud menuturkan, saat ini jenazah sudah dievakuasi di RS di Jayapura. Sementara tim sedang melacak pelaku gerombolan yang sudah melakukan pembunuhan. "Inilah situasi yang ada di Papua saat ini. Sedangkan kondisi sosial lainnya cukup aman," jelasnya

Saud menjelaskan kejadian itu pertama dilaporkan oleh anggota Koramil yang mengaku melihat ada satu orang polisi di RS. "Setelah dilakukan pengecekan, ternyata Bripda Ridwan Napitupulu. Setelah ditelusuri dia bersama Kanit Reskrim yang tadi," jelasnya.

Saud menjelaskan, saat ini polisi sedang melakukan pendekatan ke masyarakat. "Kami mengimbau masyarakat untuk melaksanakan kegiatan sebagaimana biasa."

Sebelumnya, kabar yang sama juga disampaikan Juru Bicara Polda Papua, Kombes Wachyono. Namun, ia tak menyebut korban telah tewas. "Ada anggota kami yang dianiaya hingga luka parah, pelakunya orang tak dikenal," kata dia, Kamis 1 Desember 2011. Baca selengkapnya di sini.