Ketua DPR Minta Semua Dukung Kiat Esemka

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie menjadi pembicara seminar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Balaikota Solo.

Usai menjadi pembicara, Marzuki Alie tak mau menyia-nyiakan kunjungannya di Solo. Dia langsung melihat 3 mobil Kiat Esemka buatan siswa SMK Solo di halaman Balaikota.

Selain dua mobil prototipe, yakni mobil niaga pick up dan double cabin, juga terdapat mobil dinas Wali Kota Solo Joko Widodo.

Marzuki mengaku bangga dengan mobil buatan siswa tersebut. "Ini merupakan kreativitas anak bangsa sehingga harus didukung untuk tetap berkarya," ujarnya usai melihat mobil Kiat Esemka, Rabu 4 Januari 2012.

Rencananya, Marzuki akan meninjau langsung tempat perakitan. Namun karena waktunya sempit, akhirnya mobilnya dibawa ke halaman Balaikota.

Dia meminta kepada instansi terkait untuk memfasilitasi soal perizinan. "Nanti dinas perdagangan datangi, syarat-syaratnya seperti apa. Terus dinas perindustrian juga harus fasilitasi. Kita harus dukung ya," tuturnya.

Marzuki Alie mengaku akan membeli mobil Kiat Esemka jenis double cabin. "Kalau nanti sudah ada, saya nanti akan beli satu unit mobil buatan siswa SMK itu," ucapnya.

Mobil buatan siswa SMK itu akan digunakan untuk sehari-hari. "Nanti akan saya pakai dan tunjukkan. Ini lho mobil karya anak bangsa," tuturnya. (eh)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo