Sri Sultan Didukung Kelompok Pro Pemilihan

Sri Sultan Hamengku Buwono X dan para pengawal Kraton Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA/ Wahyu Putro

VIVAnews - Meski tak mendukung penetapan jabatan gubernur dan wakil gubernur DIY, kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Paguyuban Rakyat Jogja Pro Demokrasi atau Pagar Betis Kulonprogo mendukung Sultan menjadi calon Presiden di 2014 mendatang.

Masa pro pemilihan ini menganggap Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga menjabat sebagai Gubernur DIY, kualitas dan kapabilitasnya dinilai layak sebagai calon presiden (Capres) pada 2014 mendatang. Menanggapi hal ini, Sri Sultan tak banyak berkomentar.

"Saya tidak mau komentar, masih terlalu pagi. Subuh we durung, wis ono pitakon soal kuwi (Subuh aja belum, sudah ada pertanyaan soal itu),'' kata Sri Sultan Hamengku Buwono X menjawab pertanyaan wartawan di Kepatihan, Pemprov DIY, Rabu, 8 Februari 2012.

Soal pencalonan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini, muncul dalam bursa calon presiden 2014 berdasarkan hasil survey yang dilakukan beberapa lembaga. Salah satunya, Lembaga Survey Indonesia (LSI).

Sejumlah elemen maupun organisasi bahkan ada yang sudah secara terang-terangan menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Presiden. Dukungan ini bahkan disampaikan oleh kelompok yang pro pemilihan Gubernur DIY.

Widihasto Wasana Putra, Ketua Sekber Keistimewaan mengatakan, munculnya dukungan pencalonan Sri Sultan Hamengku Buwono X hanya sebatas manuver politik. Pihaknya meminta masyarakat tidak perlu menanggapi soal itu secara serius, sebab secara logika politik tidak masuk akal.

''Masyarakat tidak usah bereaksi terlalu serius,'' ujarnya singkat