Nafsiah Mboi, Dokter Anak di Kursi Menkes

Nafsiah Mboi
Sumber :
  • www.presidensby.info/ Haryanto

VIVAnews – Presiden Susilo telah menunjuk Menteri Kesehatan yang baru. Perempuan terpilih itu adalah Nafsiah Mboi. Ia menggantikan posisi almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih yang wafat beberapa waktu lalu setelah berjuang melawan kanker paru-paru.

Nafsiah Mboi bukan nama baru di dunia kesehatan. Dokter spesialis anak lulusan Belgia itu pernah menjabat sebagai Ketua Komite Hak-hak Anak untuk PBB. Lahir di Sengkang, Sulawesi Selatan, 14 Juli 1940 itu, Nafsiah pernah menjadi Direktur Departemen Kesehatan Perempuan dan Gender di Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), dan Wakil Ketua Komisi Nasional Perempuan.

Nafsiah sempat berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Kesehatan selama 35 tahun. Namun ia berhenti dari Kemenkes karena kemudian berkiprah di parlemen.

Periode 1982-1987, Nafsiah menjadi anggota MPR RI. Namun istri Gubernur Nusa Tenggara Timur periode 1978-1988 Ben Mboi itu kemudian kembali ke dunia kesehatan. Tahun 2006, Nafsiah ditunjuk menjadi Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS (KPA).

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Nasional KPA, Nafsiah memang aktif mendalami penanggulangan HIV/AIDS. Di KPA, Nafsiah pun bekerja sama dengan pemerintah untuk menggagas ‘Komite Sentani’ untuk mengobati sedikitnya 5.000 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di 6 provinsi di Indonesia yang rentan terkena HIV/AIDS.

Ketua Komisi IX DPR Nova Riyanti Yusuf yang merupakan mitra kerja Kementerian Kesehatan tak meragukan rekam jejak Nafsiah di bidang kesehatan. Ia menegaskan Nafsiah merupakan sosok yang kompeten di dunia kesehatan.(np)