Dekan FE UI Firmanzah Jadi Stafsus Presiden

Peserta seleksi DK OJK Firmanzah (Kiri)
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews – Ada wajah baru dalam lawatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Amerika Latin kali ini. Dia adalah dekan termuda Universitas Indonesia, Firmanzah, Ph.D. Dosen ekonomi berusia 35 tahun itu rupanya terpilih bergabung dalam Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi.

“Saya menjadi staf khusus sejak dua hari lalu,” kata Firmanzah sebelum pesawat Presiden tinggal landas di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat 15 Juni 2012. Terkait pekerjaan barunya ini, Firmanzah mengaku telah mengajukan pengunduran diri dari jabatan dekan yang diembannya sejak tahun 2009.

Kini ia siap membantu Presiden Yudhoyono. “Ini sebuah dunia baru bagi saya. Selama ini saya besar di kampus, sekarang mendampingi Presiden,” kata  pria 9 bersaudara kelahiran Surabaya itu.

Lantas apa saja tugas Firmanzah sebagai stafsus Presiden? Sejauh ini ia sudah diminta memberi masukan dan data, pemikiran serta analisa terkait perekonomian dalam dan luar negeri. 

Hari ini Presiden Yudhoyono beserta rombongan bertolak menuju Amerika Serikat untuk selanjutnya terbang ke Amerika Selatan guna menghadiri Konferensi Tingkat Tingi G-20 yang ke-7 di Los Cabos, Meksiko. KTT ini akan digelar 17-19 Juni 2012.

Selanjutnya Yudhoyono juga dijadwalkan menghadiri KTT Rio +20 di Rio de Janeiro, Brazil, tanggal 20-22 Juni 2012. Ia pun akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Quito, Ekuador, 22-23 Juni 2012. (umi)