BMKG: Akibat Gelombang Tinggi, 3 Kecelakaan Kapal Terjadi

Cuaca Buruk
Sumber :
  • ANTARA/Budi Afandi

VIVAnews - Beberapa pekan belakangan ini gelombang tinggi melanda wilayah perairan Indonesia. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menyatakan, aktivitas melaut sempat lumpuh lantaran  cuaca buruk yang diiringi dengan intensitas curah hujan tinggi, sehingga menimbulkan gelombang besar di perairan di Indonesia. Agar tak membahayakan keselamatan penumpang dan kapal, aktivitas melaut terpaksa harus terhenti.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Soepriyo juga mengungkapkan, sedikitnya ada tiga kecelakaan kapal yang terjadi selama bulan Januari karena ketinggian gelombang di beberapa tempat mencapai tujuh meter.

Kecelakan kapal tersebut yaitu, KM Emeline pada tanggal 9 Januari di selat Makassar, KM Sumber Rejeki Putra 2 pada 10 Januari di laut Jawa bagian timur dan di hari yang sama di laut Jawa Utara, Semarang kecelakaan terjadi pada KM Tirta Samudera.

"Ketiga kecelakaan tersebut akibat tingginya gelombang hingga 7 meter," ungkapnya di kantor BMKG, Jakarta, Rabu 16 Januari 2013.

Kepala Pusat Metereologi Publik, BMKG, Mulyono Prabowo juga menambahkan, gelombang tinggi diperkirakan masih akan terjadi hingga sepekan mendatang. Gelombang tinggi tersebut diperkirakan akan melanda seluruh perairan di Indonesia. 

"Tapi tanggal 22-23 Januari gelombangnya relatif berkurang sehingga akan lebih aman," tambahnya. (eh)