Ancam Lingkungan, Ganjar akan Atur Penambangan Batu Akik

Harga Batu Akik Tak Rasional, Masyarakat Butuh Edukasi
Sumber :
  • Dwi Royanto/Semarang

VIVA.co.id -  Berkunjung ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah tak akan lengkap rasanya jika tak berburu batu akik asli daerah tersebut. Apalagi, daerah penghasil batu akik jenis Klawing ini tengah menggelar pameran batu mulia.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo beserta isteri, Siti Atiqah Ganjar Pranowo pun tak mau ketinggalan. Mereka menyempatkan mampir di pameran batu mulia saat melakukan kunjungan kerja di daerah tersebut. Ganjar dan istrinya sempat membeli sejumlah batu akik. Satu demi satu, lapak yang dikerumuni pembeli disinggahi.

Meski demikian, Ganjar mengaku khawatir penambangan batu di kawasan sungai berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan. Untuk itu, ia akan membuat regulasi mengenai penambangan batu akik.

"Kalau semua menambang, dan cara menambang awur-awuran maka akan rusak. Agar ke depannya tidak menimbulkan masalah, Dinas ESDM Jateng akan bicara dengan Dinas PSDA. Apalagi kebanyakan titik tambang di sungai," kata Ganjar di acara Pameran Batu Akik di Griya UMKM Kabupaten Purbalingga, Jumat, 6 Maret 2015.

Politisi PDIP ini mengakui, booming batu akik tak hanya terjadi di Purbalingga. Fenomena serupa juga terjadi di sejumlah daerah di Jateng.

"Sebenarnya ini bagus untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat. Tapi dengan catatan cara penambangan tidak boleh sembarangan."

Meski mengaku tak terlalu suka menggunakan cincin. Namun batu akik, kata dia, merupakan kearifan lokal yang tetap harus dihormati. Di samping sebagai daya ungkit pertumbuhan perekonomian masyarakat.

![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]